Tantangan Umum Apa yang Dihadapi Generasi Muda Saat Ini

Tantangan Umum Apa yang Dihadapi Generasi Muda Saat Ini

Tantangan Umum Apa yang Dihadapi Generasi Muda Saat Ini?

Penulis Rizaldi Dolly | Editor Rizaldi Dolly

Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri.

Pramoedya Ananta Toer

Thexandria – Setiap generasi memiliki perjuangannya sendiri, dan mungkin sulit bagi generasi yang lebih tua untuk memahami hal-hal yang membuat generasi muda atau katakanlah, ‘calon orang dewasa’ saat ini khawatir.

Tentu saja, tantangannya sangat bervariasi tergantung pada siapa kita bertanya—generasi muda dari ras, tingkat pendapatan, dan lokasi geografis yang berbeda sering kali memiliki masalah yang berbeda atau memprioritaskan masalah yang sama secara berbeda, dan penting untuk memperhitungkannya saat mengevaluasi area di mana saat ini  kaum muda sedang berjuang.

Melansir dari hasil penelitian yang dipublikasikan oleh paradigmtreatment.com, berikut beberapa hal yang terbukti menjadi tantangan generasi muda saat ini.

Uang

Uang adalah perhatian umum bagi semua orang sepanjang sejarah, dan generasi ini tidak terkecuali.

Faktanya, ketika biaya kuliah (dan hutang kuliah) melonjak dan gaji gagal mengimbangi meningkatnya biaya hidup, generasi muda saat ini memasuki ekonomi yang tampaknya dirancang untuk memastikan bahwa mereka berjuang semaksimal mungkin.

Baca Juga: Menjadi Generasi Sandwich Bukan Soal Pesimistis, Melainkan Sebuah Pandangan Dilematis

Hasilnya adalah remaja di sekolah menengah khawatir tentang bagaimana mereka akan membayar kuliah, mahasiswa menemukan bahwa mereka tidak hanya perlu bekerja sambil bersekolah, tetapi juga gaji mereka tidak sesuai dengan pengeluaran mereka.

Masa dewasa awal secara tradisional adalah masa di mana orang-orang mengalami lebih banyak ketidakstabilan keuangan, tetapi kaum muda saat ini lebih sadar akan ketidaksetaraan pendapatan dan kurang yakin bahwa mereka akan pernah mencapai stabilitas keuangan, jadi ini adalah tantangan serius bagi mereka.

Sekolah

Bukan hanya biaya kuliah yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Persaingan dan ekspektasi meningkat juga.

Semakin banyak siswa dibesarkan dengan harapan mereka akan melanjutkan ke perguruan tinggi, dan banyak pekerjaan tingkat awal mengharuskan pelamar memiliki gelar sarjana bahkan untuk dipertimbangkan untuk posisi tersebut. Artinya, ada lebih banyak persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi.

Gambar Ilustrasi

Selain itu, standar pendidikan telah berubah selama bertahun-tahun. Lebih banyak yang diharapkan dari siswa pada generasi ini dibandingkan pada generasi sebelumnya.

Ini dimulai dengan nilai termuda dan berlanjut hingga sekolah menengah dan perguruan tinggi. Dan tidak hanya standar akademik yang lebih tinggi, tetapi siswa juga biasanya didorong untuk membuktikan bahwa mereka berpengetahuan luas dengan berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, menjadi sukarelawan, dan mengambil pekerjaan atau magang.

Banyak hal yang harus diletakkan di pundak siswa sekolah menengah atas atau mahasiswa baru, dan itu membuat sekolah menjadi tantangan besar bagi kaum muda saat ini.

Kekerasan

Kejahatan dengan kekerasan sebenarnya berada dalam tren penurunan yang cukup konsisten di Amerika Serikat sejak tahun 1990-an.

Namun, persepsi publik seringkali tidak sesuai dengan statistik resmi, sehingga anak muda yang percaya bahwa kekerasan sedang meningkat tentu tidak sendirian dalam keyakinan tersebut. Dan agar adil, meski kejahatan dengan kekerasan, secara umum, lebih rendah dari biasanya, jenis kekerasan tertentu, termasuk pemerkosaan dan kejahatan rasial, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Perhatian media dapat berkontribusi pada persepsi di kalangan anak muda bahwa kekerasan adalah masalah serius bagi mereka.

Antara stasiun berita 24 jam dan kemampuan untuk berbagi berita secara luas di media sosial, mudah untuk merasa dibanjiri dengan laporan kejahatan kekerasan yang terjadi secara lokal, di seluruh negeri, dan di dunia pada umumnya.

Generasi muda adalah orang yang paling mungkin memiliki ponsel cerdas atau perangkat seluler lainnya setiap saat dan mungkin sering menerima pemberitahuan untuk berita tentang kejahatan kekerasan.

Terlebih lagi, orang generasi muda memiliki alasan kuat untuk mengkhawatirkan jenis kejahatan kekerasan tertentu.

Perubahan iklim

Tidaklah mengherankan bahwa beberapa dari aktivis perubahan iklim yang paling terlihat dan vokal adalah generasi muda.

Sebagian besar anak muda memandang perubahan iklim sebagai masalah mendesak yang membutuhkan tindakan segera. Mereka menerima kesimpulan yang dicapai oleh sebagian besar ilmuwan iklim—bahwa perubahan iklim sedang terjadi, yang disebabkan oleh manusia, dan tindakan segera diperlukan untuk membalikkan kerusakan atau mencegah perubahan lebih lanjut.

Greta Thunberg, aktivis lingkungan yang belum genap berusia 18 tahun.

Menariknya, masalah perubahan iklim kurang terpolarisasi secara politis di antara orang generasi muda daripada yang lebih tua. Generasi muda terus bertumbuh secara usia dan mulai bergerak ke posisi yang lebih kuat, perubahan iklim akan menjadi prioritas yang lebih universal.

Masalah lingkungan lainnya, seperti air minum bersih, pelestarian tanah dan sumber daya alam, dan penggunaan produk hewani secara etis juga menjadi prioritas utama bagi orang generasi muda. Mereka melihat masalah ini sebagai tantangan penting yang menjadi motivasi mereka untuk terlibat.

Media sosial

Gen Z, serta generasi muda Milenial, tumbuh dengan media sosial sebagai bagian dari jalinan kehidupan sehari-hari mereka. Namun, itu tidak menghentikan mereka untuk mengkhawatirkannya.

Dari masalah privasi hingga efek media sosial terhadap harga diri dan citra tubuh, kaum muda memiliki banyak alasan untuk melihat media sosial sebagai tantangan yang harus mereka hadapi.

Baca Juga: Perasaan Bersalah (Feeling Guilty) yang Ternyata Sangat Wajar

Pada saat yang sama, media sosial adalah suatu kebutuhan bagi generasi muda yang harus dapat membuat koneksi untuk alasan akademis dan profesional, yang memberi mereka minat untuk mencari cara terbaik untuk menyelesaikan masalah dengan media tersebut.

Tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini rumit dan beragam. Penting bagi mereka untuk mendapatkan dukungan dan pengertian dari kerabat yang lebih tua saat mereka bersiap untuk mengatasi tantangan tersebut.

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.