Selain Harun Yahya, Ini Beberapa Hukuman Penjara Terlama di Dunia

Selain Harun Yahya, Hukuman Penjara Terlama

Selain Harun Yahya, Ini Beberapa Hukuman Penjara Terlama di Dunia

Penulis Adi Perdiana | Editor Rizaldi Dolly

Hukum dibuat bukan untuk dilanggar, ya!

Thexandria.com – Kita sebagai masyarakat modern tentunya tidak asing dengan istilah hukum, hukum senantiasa bersandingan dengan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hukum diciptakan untuk mengatur serta membatasi berbagai macam aktivitas masyarakat agar terbentuk suatu tatanan hidup yang aman, tertib, dan berkeadilan.

Salah satu unsur hukum adalah penegakan aturan hukum bersifat memaksa. Oleh karenanya peraturan hukum dibuat bukan untuk dilanggar namun untuk dipatuhi. Dan hukum memliki sanksi dan setiap pelanggaran atau perbuatan melawan hukum akan dikenakan sanksi yang tegas. Sanksi juga diatur dalam peraturan hukum.

Bentuk sanksi hukum juga bermacam-macam, mulai dari denda, kurungan, penjara, bahkan hukuman mati. Namun kini hukuman mati bagi sebagian negara sudah dihapuskan dari Undang-undangnya. Sebagai gantinya, para pelanggar hukum yang melakukan kejahatan berat akan divonis dengan hukuman penjara yang sangat lama, bahkan ada mencapai ribuan tahun.

Seperti yang terjadi kepada Adnan Oktar, atau sosok yang populer dengan nama pena Harun Yahya. Oleh pengadilan Turki ia dijatuhi hukuman berat, yakni hingga 1.075 tahun penjara. Hukuman penjaranya sangat berat, lantaran Harun Yahya terlibat berbagai kasus mulai dari skandal seks, memimpin geng kriminal, pemerkosaan, pemerasan, penipuan, spionase politik dan militer, serta penyiksaan.

Baca Juga Raelianisme, Sebuah Agama yang Wajib Masuk ke dalam List Pengetahuanmu

Pada 11 Januari lalu, pengadilan Turki menjatuhkan vonis total 1.075 tahun dan tiga bulan penjara kepada Harun Yahya. Sebanyak 236 pengikutinya juga diadili. Dua di antaranya juga divonis tinggi, 186 tahun dan 211 tahun penjara.

Namun Harun Yahya hanya satu dari sekian orang di seluruh dunia yang diberi sanksi hukuman penjara terlama, selain itu bahkan mencapai ribuan tahun. Berikut kami merangkum beberapa nama orang yang memiliki hukuman penjara paling lama di dunia.

gambar ilustrasi

Abdulkadir Masharipov

Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Abdulkadir Masharipov karena melakukan serangan bersenjata di sebuah kelab malam di Istanbul yang menewaskan 39 orang.

Dia melakukan serangan bersenjata di kelab malam eksklusif, Reina, hanya beberapa menit setelah Tahun Baru 2017. Kelompok ISIS mengatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut

Masharipov dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena “pembunuhan yang disengaja” dan “melanggar konstitusi”, melansir Anadolu.

Dia juga menerima hukuman tambahan 1.368 tahun untuk percobaan pembunuhan terhadap 79 orang yang terluka dalam serangan itu dan karena membawa senjata tanpa izin.

Dudley Wayne Kyzer

Dijuluki sebagai ‘Pembunuh Halloween’, karena pada Halloween 1976 ia membunuh istrinya yang bernama Diane, mertuanya Eunice Barringer dan seorang mahasiswa bernama Ricky Pyron yang ketika itu ada di rumah Barringer.

Pengadilan Alabama sempat menjatuhkan hukuman mati kepadanya di tahun 1977. Namun Mahkamah Agung AS membatalkan hukuman mati. Ia pun kembali menjalani persidangan. Dan akhirnya dijatuhi dua kali hukuman seumur hidup atas pembunuhan mertua dan mahasiswa, serta 10.000 tahun untuk pembunuhan sang istri.

Charles Scott Robinson

Pemerkosa anak-anak Oklahoma, Amerika Serikat Charles Scott Robinson dihukum penjara 30.000 tahun akibat kejahatannya. Awalnya ia dituntut hukuman 5.000 tahun penjara dalam persidangan tahun 1994.

Namun, Hakim Distrik Dan Owens memilih untuk memastikannya tetap berada di penjara, sekaligus melindungi anak-anak dari aksi serupa, dengan menghukum Charles 30.000 tahun penjara. 

Tak hanya itu, untuk meningkatkan jaminan keamanan dan menghindari balas dendam, Charles tidak dapat mengajukan pembebasan bersyarat hingga berumur 108 tahun. 

Otman el-Gnaoui

Otman terbukti terlibat dan bersalah dalam aksi pemboman di stasiun kereta Kota Madrid, Spanyol pada tahun 2004. Dalam peristiwa tersebut, 191 orang dinyatakan tewas. Ia pun dijerat dengan hukuman pembunuhan massal karena terlibat dalam peristiwa berdarah tersebut. Vonisnya adalah 42.924 tahun.

Namun Undang-undang Spanyol saat itu membatasi lama maksimal hukuman tahanan dalam penjara adalah 40 tahun. Angka inilah yang akan dijalaninya.

Chamoy Thipyaso

Ini mungkin hukuman terlama di dunia yang disebutkan nominalnya, 141.078 tahun. Ya, angka itu tidak salah. Chamoy Thipyaso menerima vonis tersebut dari Pengadilan Thailand pada tahun 1989.

Istri perwira senior Angkatan Udara Thailand ini terlibat dalam piramida penipuan yang memakan korban 16.231 orang. Beberapa korbannya adalah keluarga Kerajaan Thailand. Sementara pada tahun tersebut hukum di Thailand menyebutkan bahwa berapapun vonis hukuman penjara yang dijatuhkan pengadilan, hukuman maksimal dalam kasus penipuan adalah 20 tahun.

Namun wanita tersebut dibebaskan saat baru menjalani 8 tahun masa hukuman, meski telah menipu beberapa anggota keluarga kerajaan.

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.