One Course Rilis Single Ku Coba Lewati Menyambut EP Perdana; Lagu yang Sarat dengan Kontemplasi Awal

One-Course-Rilis-Single-Ku-Coba-Lewati-Menyambut-EP-Perdana-Lagu-yang-Sarat-dengan-Kontemplasi-Awal

One Course Rilis Single “Ku Coba Lewati” Menyambut EP Perdana; Lagu yang Sarat dengan Kontemplasi Awal

Penulis Rizaldi Dolly

Grup pop punk One Course merilis single terbaru bertajuk “Ku Coba Lewati”, setelah sebelumnya menelurkan “Cerita Esok” di 2019.

Band asal kota Malang ini kembali produktif dengan karya musiknya melalui single ini, yang dirilis pada Sabtu, 23 Mei 2020, yang juga bertepatan dengan malam takbir Idul Fitri.

Menurut frontman One Course, Ilham, single ini mengangkat tema kehidupan, yakni bercerita tentang kehidupan seseorang yang tersadar bahwa tidak selamanya hidup ini penuh kesenangan. Ada kalanya sedih pun datang dalam suatu kehidupan. Tidak selamanya apa yang kita miliki ini abadi. Namun, di setiap masalah yang terjadi pasti akan ada jalan keluarnya. Ku Coba Lewati ini, diciptakan Ilham untuk menggambarkan kisah yang pernah ia alami.

Dalam single yang akan menjembatani ke EP album perdananya ini, One Course mencoba membawa cerita sedih tetapi dikemas dengan musik yang easy listening. Berbeda dengan materi sebelumnya, di lagu ini terlihat bahwa tempo yang One Course bawakan lebih progresif.

Untuk EP perdana yang nantinya akan berisi 5 lagu, dijadwalkan akan dirilis di beberapa bulan kedepan. Setelah itu One Course juga merencanakan tour di berbagai titik Pulau Jawa.

Untuk sementara ini, kalian bisa menikmati “Ku Coba Lewati” lewat video lirik yang di luncurkan di Youtube “One Course Channel”.

Balik mengenai EP album, sebenarnya ditargetkan rilis pada 2019 lalu. Namun dikarenakan kesibukan para personilnya yang sekarang telah menginjak dunia kerja ataupun kuliah, menjadikan EP perdananya itu mengalami pengunduran jadwal rilis.

Masa-masa Peralihan

Setelah menilik dan mendengarkan dengan seksama, single “Ku Coba Lewati” dari One Course, komposisi musik dalam single ini dikemas dengan cukup ‘dewasa’ dalam perspektif realita daripada One Course sendiri.

Band yang para personilnya masih terbilang masih sangat muda ini, kami rasa cukup berhasil meniadakan ego masing-masing dalam mengolah single-nya. Sehingga apa yang di cipta, terbilang telah sesuai dengan porsi masing-masing.

Baca Juga: Critical Story Membawa Kita Berdamai dengan Keluh dan Penat Lewat Single “Growing Up”

Meskipun untuk menulis lagu dengan tema kehidupan, lirik yang ditulis oleh One Course masih sangat terdengar sederhana—linier dengan apa yang kami katakan sebelumnya, lagu yang mereka tulis ‘dewasa dalam perspektif mereka’.

Namun begitu, dikarenakan usia personil One Course sendiri yang masih sangat muda, sebetulnya ini dapat menjadi aset tersendiri bagi One Course, untuk tumbuh berkembang bukan hanya perihal musikalitas-nya saja, namun juga, menambah khazanah perbendaharaan kata untuk menulis lagu-lagu bertemakan ‘kehidupan’ yang memiliki pemaknaan serta renungan yang dalam. Yang menjadi point penting dari kami, singe “Ku Coba Lewati” ini, berhasil ‘mengingatkan’ kami dengan darah muda medio masa-masa akhir sekolah, penuh dengan gelora, idealisme, optimisme, dan kontemplasi awal menuju fase penuh tanda tanya yang bernama—kedewasaan, dengan kata yang lebih sederhana, lagu ini sarat dengan masa-masa peralihan usia.

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.