Murphy Radio Berfilantropi Lewat Double Single – “Autumn” dan “Sandy”

Murphy Radio Berfilantropi Lewat Double Single - Autumn dan Sandy

Murphy Radio Berfilantropi Lewat Double Single – “Autumn” dan “Sandy”

Penulis Rizaldi Dolly | Editor Rizaldi Dolly

Grup math-rock asal Samarinda, Murphy Radio, melepas kerinduan pendengarnya dengan merilis karya terbarunya setelah hampir 2 tahun dari rilisnya debut album mereka. Tak hanya satu, Murphy Radio melepas dua lagu baru yang dibungkus dalam satu music video. Mengangkat tema down syndrome, double single ini dirilis bertepatan dengan Hari Down Syndrome Sedunia tanggal 21 Maret lalu.

“Autumn” dan “Sandy” menjadi representasi Murphy Radio dalam melihat kondisi down syndrome yang dimiliki oleh sebagian orang. Daripada memberikan rasa kasihan dan menulis musik mellow, Murphy Radio nyatanya menghadirkan musik yang penuh semangat. Mewakili bahwa walaupun dalam kondisi yang berbeda para penyandang down syndrome dan disabilitas lainnya juga mampu melakukan hal yang sama, bahkan bisa lebih karena mereka dapat melihat cerita dan warna mereka sendiri.

Dalam video musik ini Murphy Radio bekerjasama dengan SLBN Pembina Samarinda, “Awalnya kami sangat kesulitan dalam mewujudkan ide kami dalam video ini. Sampai kami dipertemukan dengan salah satu senior dalam skena musik Samarinda, Yadhie Jombank, yang kebetulan bekerja di SLB tersebut.” Ungkap Aldi dan Wendra perihal proses pengerjaan music video ini. “Lalu kami dibantu untuk bertemu dengan pihak sekolah untuk menyampaikan konsep dan meminta izin. Diluar ekspektasi, ternyata Kepala Sekolah beserta seluruh staf menerima dan mendukung penuh kami untuk membuat video disana.” Lanjut mereka.

Murphy Radio melibatkan para murid SLBN Pembina dengan menampilkan aktivitas reguler mereka ketika berada di kelas. Serta mengajak salah satu murid untuk menjadi tokoh utama dalam video ini.

Proses teknis video dilakukan oleh Resa Alif dan Mademun dari ThreeAM Creative House. Sementara proses audio lagu Murphy Radio masih dikerjakan secara penuh oleh Arie Wardhana dari Backstage Studio.

Murphy Radio Seperti halnya Filantropi

Sebelumnya kami ingin memberi apresiasi sebiru-birunya (red: terenyuh) kepada Murphy Radio, yang muncul dengan sebuah double single. Dua lagu yang di kombinasi dalam satu frame yang tidak hanya fantastik, namun juga hangat.

Lewat “Autumn” dan “Sandy”, nampaknya kosmos berhasil “membenturkan” Murphy Radio dengan pandangan-pandangan hidup—yang “menyeret kita tanpa paksa” pada sebuah kontemplasi.

Para penyandang down syndrome yang in case, menjadi subjek dalam lagu, memberi kesan dan pesan dalam sebuah “kalimat” yang utuh, bahwasannya, mereka memang hidup dalam dunia mereka sendiri, yang mungkin bagi kita memunculkan pandangan-pandangan “mengasihani”. Murphy Radio lewat double single nya, bagi kami malah memberi alternatif cara pandang yang lain.

Baca Juga: Eksplorasi Musik yang Dalam pada Single Terbaru Biru Tamaela “Tak Mampu”

Tentang sebuah kemengertian dan penghargaan atas kondisi para down syndrome itu sendiri.

Dan cara pandang yang kami maksud adalah “kebahagiaan” para penyandang down syndrome yang barangkali luput dari panca rasa kita semua, maka disinilah, point of view dari Murphy Radio—yang kami rasa berhasil memantik kemengertian kita dalam melihat para penyandang down syndrome, yang bukan hanya seolah-olah hidup dalam dunia mereka sendiri. Tapi memang mereka kreator dari hidup mereka, bahkan bisa dibilang, mereka adalah “para pelukis warna-warna pelangi” yang sesungguhnya.

Bukan tanpa musabab mengapa kami berpandangan demikian. Tone melody yang dikemas Murphy Radio, ditambah dengan video klip yang bukan hanya apik, namun juga secara jelas menggambarkan bagaimana penyandang down syndrome sebegitu menyatu dengan “tawa-tawa” mereka. Sebegitu lugu dan sebegitu “haru” buat kami yang menontonnya.

It’s like, “gue mungkin bisa ngerti soal kebahagiaan dari mereka, thanks Murphy.”

Terakhir, “Autumn” dan “Sandy” dari Murphy Radio membuat kami, tim redaksi thexandria menyepakati satu hal.

Tema yang diangkat oleh Murphy Radio, secara tanpa mereka sadari, menjadikan mereka musisi yang tak hanya sekedar “melagu”, namun juga menjadikan mereka seperti halnya seorang filantropi, yang memberikan segalanya untuk cinta dan kemanusiaan.

Salam buat “Sandy”, ya, abang-abang Murphy!

Murphy Radio – Autumn/Sandy [MV]

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.