Merasakan Suasana Berpetualang Bersama EP Dimas Sadewa: Adventure Dasa

Merasakan Suasana Berpetualang Bersama EP Dimas Sadewa Adventure Dasa

Merasakan Suasana Berpetualang Bersama EP Dimas Sadewa: Adventure Dasa

Penulis Dyas BP | Editor Rizaldi Dolly

Thexandria.comAdventure Dasa merupakan judul single pertama yang dirilis oleh musisi asal Semarang yang dikenal sebagai Dimas Sadewa pada 8 July 2020 silam. Bernuansa Psychedelic rock dan etnik folk dengan pengaruh kental dari era 60-an and 70-an. Telah berkiprah di dunia musik selama 3 tahun sebagai bassist di Jou Barakati. Lewat EP Adventure Dasa – lah saya mengutarakan emosi jiwa raga dan idealis musik saya.

Dan arti Dasa ( Sanskerta : दास ) adalah kata Sansekerta yang ditemukan dalam teks-teks India kuno seperti Rigveda dan Arthasastra . [1] Biasanya berarti “musuh” atau “pelayan” [2] tetapi dasa , atau das , juga berarti ” pelayan Tuhan “, ” penyembah ,” ” pemilih ” atau “orang yang telah menyerah kepada Tuhan”.

Ep ” Adventure Dasa ”  sendiri berisi 5 track yang berjudul :

1.Gohkarna Mountain  

2.Wedawati On Earth

3.Adventure Dasa

4.Mandodari Ocean

5.Ramasinta Jungle

Dengan instrumen yang begitu dekat dengan nuansa nature dalam single Wedawati On Earth yang terus memacu diri berhalusinasi untuk terus berlari. Dan semua lagu yang direcord hanya menggunakan tuning Open D, Gr lebih mendalami arti kata “DASA”. Sementara untuk artwork sendiri digarap oleh seniman kondang asal Semarang juga, yang bernama Andy Sueb .  

Artwork Adventure Dasa Menceritakan perjalanan Dimas Sadewa dalam menjelajahi rahasia Dasa. Visual yang hadir dari perjalanan musik Adventure Dasa menjadi penanda bagi Dimas Sadewa untuk menerjemahkan kembali rahasia-rahasia Dasa. Beberapa elemen visual seperti matahari, manusia, tumbuhan dan beberapa yang tersirat berusaha mengungkap sekaligus mewakili judul musik seperti “Gohkarna Mountain, Mandodari Ocean, Rama Sinta Jungle, Wedawati On Earth dan Adventure Dasa”

Baca Juga Jundy Salut dan Kiara Riz Berkomunikasi Kepada Diri Sendiri di Masa Kecil Melalui Single “Inner Child”

Menurut penafsiran dari Dimas Sadewa sendiri, lagu-lagu dalam EP Adventure Dasa cocok menjadi soundtrack liburan atau sekedar jalan-jalan mengelilingi kota. Ketika mendegarkannya langsung, saya sebagai pendengar merasakan suasana seperti sedang berpetualang di tengah hutan. Kondisi di tengah hutan tersebut tidak sekadar hanya dalam kondisi berdiam diri atau bingung memikirkan sesuatu, namun dibarengi dengan kondisi sedang menjalankan sebuah misi atau sedang dalam kondisi terdesak yang menaikkan urat adrenalin di dalam diri. Beberapa lagu lain juga bisa dijadikan sebagai media relaksasi dalam menghadpai penatnya kehidupan urban di kota yang begitu padat.

“Ini semacam lembaran baru bagi Saya pribadi baik secara musik maupun pola kerja dan recording sendiri. Semoga melewati EP “Adventure Dasa” bisa menjadi gerbang pembuka untuk pengalaman baru dan teruntuk musisi lainya yang mau menuangkan pikiran dan merealisasikan nya dalam bentuk musik .

Jika nanti semua musibah di penjuru dunia berakhir, ada baiknya kita berpiknik ke pantai dengan menyetel lagu-lagu Dimas Sadewa dalam EP Adventure Dasa. Gaskeun!

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.