Mengambil Jeda Untuk Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Mengambil Jeda Untuk Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Thexandria.com – Mengambil Jeda Untuk Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Penulis Adi Perdiana | Editor Rizaldi Dolly

Hai-hai sobat pejuang!

Bagaimana kabar kalian? Apa yang kalian rasakan setelah satu minggu ini melakukan kerja rodi keseharian dengan bekerja ataupun segala kegiatan lainnya. Tentunya cukup melelahkan apabila dikejar oleh deadline project yang seakan tak ada habisnya hehe.

Jangan sampai beban pikiran menumpuk dan membuatmu jenuh ya sobat pejuang. Jangan biarkan perjuanganmu selama ini malah terhenti karena bom waktu stres yang menumpuk itu memenuhi pikiran dan sudah tak mampu lagi ditanggung olehmu.

Maka dari itu mengambil jeda atau break itu penting banget lho untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran kita. Atau setidaknya me time dimana kamu hanya melakukan aktifitasmu tanpa terdistraksi dari hal-hal lain di luar sana seperti seperti urusan pekerjaan dan lain sebagainya.

Namun tak sedikit dari kita yang hanya memiliki sedikit waktu untuk mengambil jeda itu. Maka dari itu saya merekomendasikan beberapa hal sederhana yang mudah diterapkan sebagai referensi mengambil jeda untuk kita lakukan di akhir minggu ini untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran kita.

Bernafas Dengan Sadar

Lho ee? Apa selama ini kita tidak sadar kalau kita sedang bernafas?

Bukan seperti itu juga sih, tapi coba kita sadari bahwa bernapas adalah suatu anugerah pemberian Tuhan yang luar biasa bagi diri kita, secara gratis. Tarik dan hembuskan nafas secara perlahan tanpa memikirkan hal-hal lainnya dan hanya berfokus pada nafas kita sendiri akan memberikan rasa ketenangan.

Ketika menarik nafas dengan sadar kita bisa memahami dan merasakan betapa banyaknya kebaikan dari Tuhan yang telah ia berikan kepada kita. Kita harus bersyukur atas itu semua.

Tidur Yang Berkualitas

Tak sedikit dari kita yang waktu tidurnya berantakan. Itu semua biasanya terjadi karena faktor tuntutan kerja ataupun karena belum bisa mengatur jadwal dengan baik. Saya sendiri di waktu kuliah dulu seringkali tidur di atas jam 2 dan harus bangun di pagi hari untuk kembali beraktifitas.

Dan ketika bangun tidur yang dirasa adalah “kok baru sebentar tidur udh pagi aja ya.” Rasanya masih ada yang kurang kan? Masih mau tidur lagi hehe.

Di akhir minggu ini cobalah untuk tidur berkualitas dengan waktu 7-8 jam sesuai dengan anjuran untuk kesehatan. Jangan main handphone, matikan lampu. Pokoknya nikmati dan puaskanlah hasrat tidurmu hehe.

Membaca Buku

Coba lihat di rak buku, dan ingatlah apa ada buku yang dulu pernah kamu beli namun tidak sempat terbaca, atau belum selesai dibaca,? Atau ingat apakah ada buku yang ingin kamu pinjam di perpustalaan namun belum kesampaian?

Luangkan jeda di akhir minggu ini untuk menyelesaikan bacaanmu. Bacalah buku dengan tema yang menarik bagimu. Chill out sambil baca itu enjoy lho, pejuang!

Berjalan Kaki di Taman

Berjalan kaki adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Menikmati setiap langkah dimana kaki memijak tanah tanpa bergelut dengan pikiran-pikiran berat di dalam kepala ini rasanya seperti menjadikan kita kembali menjadi manusia seutuhnya.

Bila kamu memiliki pekerjaan yang menuntutmu untuk terus duduk dan berada di depan layar laptopmu, maka berjalan kaki adalah salah satu cara rileksasi yang dapat kamu lakukan. Tanpa memerlukan effort yang banyak, kamu sudah bisa menikmati dan menyegarkan kembali tubuh dan pikiranmu. Layak untuk dicoba bukan?

Baca Juga: Kita Semua Pantas untuk Bahagia

Liburan

Tak perlu jauh-jauh dan mahal, intinya adalah kamu dapat menikmati waktu liburan yang dimiliki. Ingat bahwa destinasi bukanlah suatu ajang gengsi. Tapi sebuah perjalanan untuk dinikmati.

Kamu bisa pergi ke pantai, perkebunan atau tempat-tempat wisata yang ada di kotamu. Menikmati keindahan alam dapat menyegarkan kembali tubuh dan pikiran yang tegang setelah bekerja terus menerus.

Atau bahkan kamu juga bisa melakukan aktifitas lain yang menurutmu bisa dilakukan di akhir minggu ini, seperti menekuni hobby-mu misalnya.

Di tengah kesibukan kita yang tinggi pada era yang serba cepat ini, memang sudah sepantasnya bagi kita untuk mengambil jeda agar dapat menyegarkan kembali tubuh dan pikiran kita.

Akhir kata itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengambil jeda dan menikmati akhir pekanmu, ya sobat pejuang!

Sumber Foto: Zain Sinjay

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.