Mau Jadi Bos SPBU Mini Pertashop? Pertamina Terus Buka Peluang Mitra

Pertashop SPBU Mini Pertamina

Mau Jadi Bos SPBU Mini Pertashop? Pertamina Terus Buka Peluang Mitra

Penulis Adi Perdiana | Editor Rizaldi Dolly

Pertashop a.k.a ‘Pertamini’ Resmi Pertamina

Thexandria.com – PERTASHOP adalah kependekan Pertamina Shop yang merupakan lembaga penyalur resmi Pertamina skala kecil atau SPBU mini yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan produk Pertamina ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Menindaklanjuti nota kesepahaman antara PT Pertamina (Persero) dengan Kementerian Dalam Negeri yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada 18 Februari 2020 yang lalu dalam rangka perluasan dan pemerataan distribusi energi, Pertamina terus gencar melakukan pembangunan Pertashop di seluruh Indonesia, terutama pada daerah desa atau kecamatan yang belum ada SPBU Pertamina.

Diharapkan Pertashop ikut menggerakan ekonomi desa karena mobilisasi warga semakin mudah dan murah dengan cara mendekatkan bahan bakar berkualitas untuk masyarakat desa dan harga yang sama di SPBU dengan takaran yang terjamin.

Sebagai SPBU mini resmi mitra Pertamina, harga yang dijual Pertashop sama dengan BBM yang dijual di SPBU Pertamina. Untuk pasokan BBM-nya, akan dipasok melalui truk-truk tangki Pertamina sama seperti SPBU Pertamina pada umumnya. Dengan kata lain, mendirikan usaha SPBU Pertashop ini sama seperti menjadi penyalur Pertamina namun pada skala kecil, dan modal yang terhitung kecil pula dibanding SPBU besar. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah program kemitraan ini baru terbuka untuk Koperasi serta UKM yang sudah berbadan hukum baik CV atau PT di seluruh Indonesia.

Perlu dikatahui bahwa saat ini Pertamina telah mengusung program One Village One Outlet (OVOO) atau satu desa/kecamatan tersedia satu outlet Pertashop. Untuk mendukung program tersebut, Pertamina telah aktif mengajak partisipasi dari pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di wilayah kerjanya.

Skema dan Modal Bisnis Pertashop

Outlet Pertashop
Outlet Pertashop

Dilansir dari laman resmi Kemitraan Pertamina, ada dua skema bisnis untuk membuka SPBU Pertashop yaitu skema DODO dan skema CODO. Pada skema DODO biaya investasi dan biaya operasional seluruhnya ditanggung oleh mitra. Sedangkan, pada skema lainnya yakni CODO biaya investasi dilakukan oleh Pertamina, sementara mitra hanya mengeluarkan oleh Pertamina, sementara mitra hanya mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasi. Untuk skema pertama (DODO), mitra perlu menyiapkan modal Rp 250 juta untuk investasi awal dan biaya operasional. Lalu, bila memilih skema kedua atau CODO, mitra cukup mengeluarkan modal sekitar Rp 80 juta.

Baca Juga Rover Perserverance 2020: Robot Peneliti NASA Akan Sampai Di Mars Dalam 100 Hari

Dalam laman tersebut juga dijelaskan bahwa Pertashop memiliki tiga kategori yakni Gold, Platinum dan Diamond. Sebagai gambaran, bila memilih SPBU Pertashop jenis Gold maka luas tanah minimum yang diperlukan yakni kurang lebih 210 meter persegi atau 15 x 14 meter. Bila memilih kategori Gold ini, mitra akan mendapat tangki penyimpanan berkapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi sebesar 400 liter per hari.

Di SPBU Pertashop, mitra juga dapat menjual produk-produk Pertamina lainnya mulai dari Pertamax, Dexlite, LPG non-subsidi, hingga pelumas.

Cara Daftar

Bagi Anda yang berminat untuk membuka bisnis Pertashop bisa mengikuti prosedur pendaftaran online melalui laman kemitraan.pertamina.com. Calon mitra kemudian dapat memilih menu Informasi Pendaftaran dan klik pada tombol ‘Daftar Sekarang’.

Sebelum masuk ke halaman registrasi, pengunjung akan diminta untuk memberi centang pada peryataan bahwa calon mitra mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian calon mitra dapat melanjutkan untuk melengkapi form registrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Pemilihan Lokasi

Dalam proses ini, calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia dengan melengkapi informasi yaitu: Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat detil rencana lokasi Pertashop. Apabila lokasi yang diinginkan tidak tersedia dari pilihan menu, calon mitra dapat melakukan pengajuan lokasi baru dengan meng-klik tautan yang tersedia.

Input Data Diri

Pada tahap selanjutnya, calon mitra akan diminta untuk mendaftarkan nama perusahaan, nama pengusaha, alamat e-mail, dan nomor handphone serta melengkapi password yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertashop.

Submit

Setelah memberi centang pada pernyataan ‘Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina’, calon mitra dapat meng-klik tombol ‘submit’ dan calon mitra akan mendapat email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran serta kode aktivasi melalui SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data di website. Lebih lengkap mengenai kemitraan Pertashop Pertamina dapat dilihat melalui situs Pertamina Pertashop.

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.