Kembali pada Waktu Tertentu; Ada Hangat dan Haru di Dalam Sebuah Lagu

Ada Hangat dan Haru di Dalam Sebuah Lagu

Kembali pada Waktu Tertentu; Ada Hangat dan Haru di Dalam Sebuah Lagu

Penulis Suci Jayanti Tadjri | Editor Rizaldi Dolly

“Am I too excited for this? Hell yeah!” pt.2, haha. Gue paling senang ditanya soal “Lo lagi dengerin lagu apa sih belakangan ini?”, “Eh, si ini main nih di sini. Nonton, yuk ?” apalagi sampai “Lagu ini tuh ngingetin gue sama…”—tahu musisi baru, saling berbagi apalagi bisa memperkenalkan musisi-musisi tersebut di telinga banyak orang adalah jalan ninjaku!

Kali ini, gue akan berbagi lagi dan lagi 5 musisi yang menurut gue—karya mereka cukup berpengaruh buat gue, bikin gue kembali ke waktu-waktu tertentu, senyum bahkan nangis-nangis sendiri sampai setiap lantunan lagu-lagu tertentu itu mampu membawa kembali kenangan-kenangan yang pernah mampir. Dan pastinya berhak dapat perhatian dari kedua telinga kalian. Musisi dalam negeri, nih. Siapa saja, sih?

1. Reruntuh

Reruntuh aka Eky Rizkani—solois ambient-folk ini menjadi daftar pertama yang akan gue cekokin ke kalian, ditambah belakangan ini gue lagi intens banget dengerin Reruntuh yang akan main di The 10th Music Gallery, 14 Maret 2020 nanti.

Sudah merilis album berjudul “Runtuh, Tumbuh” di tahun 2019 berisikan 9 lagu di dalamnya yang mampu bikin gue diam merenung, kadang juga nangis sambil ngomong dalam hati “Iya juga, ya..”—gue sampai nggak paham dan geleng-geleng kepala dengan apa yang Eky tabur di setiap lagunya; Kembali Kita Berlayar Pelan—lo mending dengerin, deh.

ps. sampai jumpa di Mugal, Eky!

2. INIS

Penonton setia ajang pencarian bakat X Factor Indonesia pasti nggak asing nih dengan sosok yang satu ini. Pernah mencuri hati gue beberapa tahun lalu dengan menyanyikan lagu Don’t You Remember-nya Adele, bahkan sampai dia mengeluarkan EP Mood Hacks pun masih mencuri hati—nggak ngerti lagi.

Merilis 6 lagu di dalamnya dengan lagu Home yang dimana saat itu gue lagi wara-wiri nyari ‘rumah’ baru untuk berteduh—sudah distream 90,893 kali di Spotify—suara khas Inis masih nggak berubah, tetap indah begitu adanya.

3. T. Rucira

Talitha Rucira Gati atau lebih dikenal dengan T. Rucira—berhasil menghipnotis telinga gue dengan balutan suaranya yang lembut ditambah petikan gitar dengan tempo yang pelan.

Menyuguhkan musik pop dengan lantunan nada yang ringan dan dreamy mungkin akan membuat kita yang mendengarkan seakan-akan dibalut selimut adem apalagi setelah melewati hari yang cukup berat.

Buat gue pribadi, nggak perlu memutar berkali-kali untuk menyukainya—When Jakarta Snows yang sudah distream sebanyak 257,906 kali di Spotify adalah salah satu lagu Talitha yang mampu menutup hari gue dengan hangat.

4. Bhanu Marais

Bisa gue bilang; menemukan Bhanu Marais adalah harta karun untuk telinga gue. Bagaimana tidak? Lagu “Untukmu” yang gue temukan di Spotify sekitar jam setengah 1 malam berhasil bikin gue nangis nggak karuan.

Bhanu Marais, solois asal BSD Tangerang ini merilis lagu keduanya yang menceritakan dan menjadikan lagu ini sebagai media sebuah pesan sebelum adanya perpisahan—Untukmu, yang sudah diputar sebanyak 76,767 di Spotify ini dibalut dengan kelegowoan; “Jika ku tak sempat melihatmu, maka kutinggalkan lagu ini untukmu.”

5. Askarweda

Yang terakhir, nih—ya bukan terakhir juga, sih, karena buat gue cari-cari referensi itu nggak ada matinya. Tapi, yang terakhir dalam tulisan kali ini ada.. Askarweda!

Musisi yang lumayan susah dicari infonya karena bisa dibilang mereka baru banget dan baru mengeluarkan dua lagu; Kamar Rindu dan Tuan yang rilis di bulan Agustus dan November tahun 2019.

Baca Juga: I’m a Lucky Girl Knowing They Are Exist

Terlepas dari minimnya informasi Askarweda asal Malang ini—gue lagi dan lagi berterima kasih sama feature shuffle di Spotify yang sudah mengarahkan gue masuk kedalam “Kamar Rindu”-nya Askarweda.

Rangkullah ia wahai semesta

Lenganku kini tak lagi sampai

Setengah aku ada di dia

Benar-benar bikin gue kembali pada kejadian bulan Agustus 2019.

Segitu dulu kali, ya? Sebenarnya banyak banget kalau bicara soal lagu-lagu apa saja yang berpengaruh besar dalam hidup gue.

Karena gue sedari kecil sudah berkecimpung dengan lagu, radio, media pemutar suara—bikin gue sampai sekarang paling nggak bisa jauh dari earphone, CD, kaset dan platform digital musik.

Nah, kalau kalian, lagu-lagu apa saja yang berpengaruh dari segi apapun di dalam hidup kalian?

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.