Jack of All Trades Cukup Menggoda, Ini Buktinya

Jack of All Trades Cukup Menggoda, Ini Buktinya

Jack of All Trades Cukup Menggoda, Ini Buktinya

Penulis Adi Perdiana | Editor Rizaldi Dolly

Jack of All Trades, apa yang kamu pikirkan ketika mendengar istilah itu mungkin saja adalah sesuatu tentang sulap, kartu remi, atau judi?

Bisa jadi salah satunya atau bahkan tidak ada di antara piihan yang telah saya sebutkan di atas.

Its okay jika pikiran kamu terfokus pada salah satu dari tiga pilihan yang telah saya sebutkan, tetapi mohon maaf karena saya tidak akan membahas satupun di antara ketiganya. Kalau boleh memberi saran sebaiknya kamu klik menu lalu pilih kategori Lorong Baca dan pilih satu dari lima sub-rubrik Thexandria.com untuk melihat artikel lainnya yang mungkin saja akan menarik perhatianmu sembari membunuh waktu membaca sambil ngopi santai.

Dan untuk kamu yang masih kekeuh pengen tau tentang apa itu Jack of All Trades yang akan saya bahas di artikel ini, tanpa panjang lebar langsung saja bekicot cekidot.

Jack of All Trades yang saya maksudkan adalah suatu istilah yang ditujukan kepada orang-orang yang memiliki banyak kebisaan di berbagai bidang tetapi tidak menjadi ahli di bidang mana pun. Atau biasa juga disebut sebagai Master of None.

Sebenarnya pengartian seperti ini agak mengganjal di hati saya, seakan-akan dengan mempelajari banyak hal maka kamu menyerah untuk menguasainya.

Banyak cibiran yang mengatakan bahwa menjadi Jack of All Trades adalah sesuatu yang buruk karena tidak memiliki keahlian spesifik dalam suatu bidang. Dengan analogi salah satu permainan kartu remi yaitu cangkulan, karena kartu Jack akan selalu kalah dengan kartu Queen, King, dan As.

Namun nyatanya tidak juga demikian, karena realita kehidupan itu lebih kompleks dibanding permainan cangkulan yang menggunakan satu deck kartu berisi 52 lembar.

Setidaknya demikian bagi saya, masalahnya adalah hanya tentang perspektif dan bagaimana cara kita mengelola berbagai macam keahlian yang kita miliki itu.

Kalau boleh banyak sedikit curhat nih ya, saya adalah seseorang yang suka untuk mempelajari berbagai hal, meskipun keinginan itu seringkali bertarung dengan sasuke inkonsistensi di tengah jalan hehehe.

Alhasil saya suka dengan banyak hal di antaranya dalam bidang sastra tulis termasuk, membaca, menulis, dan juga balajar bahasa alien asing. Suka menggambar teknik, suka membuat origami, senang membuat patung-patungan, suka fisika, suka bikin cheese cake tertarik dengan pembahasan mengenai kesehatan mental. Dan akhirnya itu semua dikukuhkan dengan gelar resmi saya sebagai seorang sarjana di bidang teknik. Lebih tepatnya teknik perminyakan. Belum cukup sampai di situ sekarang malah tercebur dalam bidang per CTO-an dan operator SEO di sebuah startup media.

Bagaimana. Nyambung banget kan?!

Apakah saya menyayangkan diri sendiri karena tidak fokus pada bakat atau bidang tertentu? Dan apakah hal itu membuat saya berkecil hati?

Tentu saja tidak. Saya sangat bahagia dan bersyukur dengan itu semua. Karenanya saya tidak pernah merasa bosan. Itu adalah sebuah kelebihan bagi seorang Jack of All Trades yang suka mempelajari banyak hal. Setiap harinya selalu ada alternatif kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Lumayan kan daripada cuma nganga tanpa tujuan yang akhirnya pengin bunuh diri merenung.

Mungkin analoginya adalah apakah kamu memilih untuk mengukir satu pintu rumah saja atau mulai membangun sisa rumah yang lainnya?

Saya tidak menyalahkan seorang ekspert di satu bidang, tetapi menurut saya terkadang lebih baik mengetahui banyak hal daripada memiliki satu keahlian saja.

Toh banyak para motivator dan story teller terkenal menyarankan untuk mempelajari hal baru setiap harinya.

Baca Juga: Reality Club-2112 Music Video; Balada Mendalam Kisah yang Tak Berakhir Indah

Karena dengan mempelajari banyak hal kita bisa melihat sesuatu dari berbagai perspektif berbeda, memang tidak mendalam tapi setidaknya kita punya pandangan yang lebih luas.

Apalagi untuk diajak ngobrol, si Jack of All Trades ini akan enak diajak ngobrol banyak hal karena akan nyambung-nyambung saja. Dan yang terpenting tidak akan mudah men-judge sesuatu, apalagi untuk diajak curhat. Ini kode buat si mbak yang mungkin mikir si penulis orangnya sksd banget tapi asik juga orangnya.

Meskipun kita menjadi Jack of All Trades ‘Master of None’ ataupun Master of Master, ahlinya ahli, Core of The Core. Yang penting bisa bikin kamu emosi senyum-senyum tipis sambil baca tulisan ini.

Note: Artikel ini masuk dalam kategori absurditas yang artinya tentang perihal absurd, tidak jelas, tidak bermakna, tidak penting. Segala isi Absurditas tidak perlu ditunggu atau dibaca jika sedang tidak dalam kondisi jenaka. “tapi kode buat mbaknya itu serius kok.”

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.