Inilah ‘Kunci’ yang Bisa Bikin Kamu Cantik Selamanya! No Clickbait

kunci cantik selamanya thexandria no clickbait

Inilah ‘Kunci’ yang Bisa Bikin Kamu Cantik Selamanya! No Clickbait

Penulis Clarenza Adela | Editor Dyas BP

Saat melihat sosok cantik, seseorang menjadi kagum dan mengapresiasinya.

Thexandria.com – Kata orang cantik itu enak dipandang. Bener kok. Tapi kata orang lain lagi cantik itu dari hati. Tapi boro-boro lihat hati, kebanyakan cowok sebenarnya cuma omdo saaat berkata begitu. Lihat cewek agak dekil dikit udah dibilang jelek, udah dikatain lebih cocok jadi tukang sayur di pasar; What the hell is wrong with you, dude?

Padahal si cowok nggak atau bahkan belum mengerti gimana kepribadian alias hati si cewek dekil tersebut. Tapi itu manusiawi kok, toh standar kecantikan (khususnya di negara kita) kebanyakan masih berpatok pada seorang perempuan yang putih, mulus, tidak berjerawat, tinggi, dan langsing.

Peradaban Barat memaknai kecantikan dalam beragam perspektif. Ada yang memaknainya secara relatif, karena berkaitan dengan subjektivitas individu dalam memberikan penilaian. Encyclopaedia Britannica misalkan, mengaitkan istilah ini dengan estetika, atau keindahan dan rasa. Saat melihat sosok cantik, seseorang menjadi kagum dan mengapresiasinya. Kamus Merriam Webster Thesaurus yang terbit sejak 1828 menjelaskan, Kecantikan dalam artian kata benda adalah kualitas menjadi menarik secara fisik, kualitas dalam diri seseorang atau sesuatu yang memberi kesenangan pada indra atau pikiran.

Aku sebagai perempuan juga terkadang melihat orang saat pertama kali bertemu dari tampilannya (Sebuah pengakuan HAHAHA, maaf ya kalau kesannya hipokrit tapi itu jarang banget, kok). Secara realita, mau nggak mau sedari awal emang ‘cover‘ yang selalu dilihat terlebih dahulu. Karena itulah tampilan secara visual yang pertama kali nampak oleh indera penglihatan yang mampu membangun sebuah first impression—kemudian menjadi antitesa untuk pepatah “don’t judge book by it’s cover”. Iya kale lu ngomong sama orang ngelihat hatinya yang berada di dalam perut sebelah kanan—eh begitu kan, ya? Maaf bukan mahasiswi Kesehatan wkwkwk.

Kira-kira begini kalau dibuat reka adegan secara imajiner:

Cewek: Hai, namamu siapa?

Cowok: Hai, nama gue Jady, Jadykan aku milikmu pls.. (salaman tipis sambil ngelihatin lambung si cewek)

Cewek: Kamu ngeliat lemak di perutku? IYA-IYA AKU GENDUT!

Cowok: Aku lihat hati kamu, kok (sambil nunjuk-nunjuk pankreas)

*tampolan mendarat dan akhirnya mereka ngga hidup bahagia selamanya*

Begitu lah kira-kira jika dibuat sebuah percakapan singkat, agak absurd. Intinya, siapapun pasti melihat fisik dulu sebelum hati. Ye, nggak sih?

Di sisi lain, selain menjaga ke-naturalan yang ada pada diri kita ada baiknya apabila kita juga melakukan usaha untuk merawat diri—karena selain untuk penampilan hal itu kudu dilakuin untuk kebersihan dan kesehatan kulit juga. Kali ini aku mau berbagi skincare+beauty tips kepada kalian bagaimana supaya bisa cantik selamanya secara fisik dan hati. Iya, selamanya! Meski sang penulis nggak cantik, paling tidak penulis bersyukur dengan dirinya saat ini [CLAP CLAP CLAP]

Skincare harian aku sederhana sekali, sis:

  • Senyuman: lebih ampuh dari anti aging apapun di dunia ini P*NDS (dibaca Ponds) mah lewat..
  • Tawa lebar: Lebih ampuh daripada O*lay dan uang 1M karena kadang tertawa lebar nggak bisa dibeli pake uang misal dikelitikin sampe sekarat. Masa kamu bayar mahal orang buat nggelitikin kamu? Nggak, kan? Tapi jangan ketawa-ketawa sendiri ya kalo nggak ada yang lucu, bahaya. Nggak usah tanya kenapa.
  • Rasa bersyukur: Sepuas-puasnya kamu pasti nggak akan puas. Bingung gak?
  • Mandi: Ini emang salah satu cobaan terbesar di dunia. Apalagi kalau liburan.
  • Cuci kaki: Terkadang mandi saja nggak cukup untuk membersihkan kaki. Apalagi yang habis mandi sukanya nginjek-nginjek tanah becek di gang depan rumah. 
  • Cuci muka: Kadang ada yang suka lupa pas mandi nggak cuci muka. Cuci muka dulu gih siapa tahu yang awalnya kayak Blackpanther berubah jadi Blackpink.
  • Jaga perasaan+pikiran: Mau kamu secantik apa sejak lahir atau seganteng Chris Hemsworth sejak masih embrio pun kalau kamu nggak bisa jaga pikiran+hati kamu dengan baik, it makes no sense. Orang bakal lihat kamu sebagai pribadi yang bermasalah, jarang senyum, stress, suka marah-marah sendiri. Control your mind, feeling, and your life.

Anyway, itu beberapa skincare aku yang bullshit konstruktif untuk kecantikan diri sendiri. Sampai sekarang aku masih belajar untuk punya semuanya kok.

Baca Juga Balada Teman yang Bau Ketiak: Kewajiban Kita untuk Menuntun, Bukan Menuntut

Oiya, secara historis dan geografis, Indonesia punya cerita panjang dalam memaknai arti kecantikan yang dipengaruhi oleh keberagaman budaya. Dalam alkisah masa Jawa Kuno, kecantikan telah tergambar dalam kisah sastra Ramayana. Tokoh Sinta adalah wujud wanita rupawan dalam legenda Ramayana, dia berperilaku mulia dan bercahaya laksana rembulan. Iya, benar, cantik+perilaku atau attitude yang cantik juga itu damage-nya emang nggak ada lawan, sih.

Memang cantik butuh perjuangan, tapi ngapain berjuang susah-susah kalau yang nggak perlu diperjuangkan aja kamu masih lakukan. Rugi banget.

Salam cantik!

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.