Goodnight Electric-Tamat: Senandung Manis untuk Tahun 2020 yang Kelam

tamat goodnight electric thexandria 2

Goodnight Electric-Tamat: Senandung Manis untuk Tahun 2020 yang Kelam

Penulis Dyas BP | Editor Rizaldi Dolly

“Tamat terinspirasi dari ungkapan kesedihan, kekecewaan, dan keputusasaan. Ditulis dan direkam di saat ketidakpastian pandemi yang melanda tahun ini, Tamat bisa menjadi sebuah tanda ucapan selamat yang satir kepada tahun 2020 yang sukses memporak-porandakan keadaan.”

Thexandria – Goodnight Electric kembali datang mewarnai 2020 setelah terakhir secara kolektif melahirkan album bertajuk Misteria pada awal 2020. Kali ini, band yang digawangi oleh Oomleo (synthesizer), Bondi Goodboy (synthesizer, gitar), Henry Foundation (vokal, sequencer), Vincent Rompies (bass), Andi Hans (gitar), dan Priscilla (vokal) itu meluncurkan sebuah single bertajuk “Tamat” pada Kamis (26/11). Rencananya, single ini menjadi gerbang pembuka bagi Goodnight Electric untuk menuju ke destinasi berikutnya, album ke-empat.

“Memberikan warna baru tersendiri untuk karya-karya Goodnight Electric sebelumnya,” kata Henry Foundation dari Goodnight Electric kepada jpnn.com, Kamis (26/11). Lagu “Tamat” jadi yang paling depan dirilis karena proses produksi yang terbilang dekat, ditambah sound, aransemen dan mood lagu yang juga tidak terlalu berbeda dengan album Misteria.

Baca Juga: The Panturas Gambarkan Mantu Idaman dalam Single “Balada Semburan Naga”

Single Tamat sendiri merupakan ungkapan dari porak-porandanya tahun 2020 yang menghadirkan banyak ironi; bencana pandemi, hiruk-pikuk politik yang tetap memanas hingga menguapnya harapan tinggi di tahun ini. Ketidakpastian dalam semua lini kehidupan itu yang coba direpresentasikan dalam lirik-liriknya, salah satu penggalannya yaitu “Di penghujung tahun. Porak poranda. Menutup mata. Selamat malam. Niat tertidur, malah terjaga. Ingat yang tiada, hilang gembira.”. Asa yang terajut kembali dalam single Tamat seolah menjadikan lagu ini menjadi ungkapan perpisahan untuk tahun 2020 yang akan terus membekas di ingatan kita semua.

“Tamat terinspirasi dari ungkapan kesedihan, kekecewaan, dan keputusasaan. Ditulis dan direkam di saat ketidakpastian pandemi yang melanda tahun ini, Tamat bisa menjadi sebuah tanda ucapan selamat yang satir kepada tahun 2020 yang sukses memporak-porandakan keadaan.” jelas Henry Foundation.

Meski memiliki nuansa yang ironi dan penuh kepesimisan, komposisi musik dalam single ini diorkrestasikan dengan begitu manis dan romantis. Departemen sound seperti gitar, bass dan synthesizer yang dihadirkan cukup rileks mulai dari tempo hingga improvisasi instrumen. Warna yang begitu kontras dalam single Tamat adalah hadirnya vokal dari Priscilla Jamail secara penuh. Lantunan dari Priscilla yang begitu ‘gurih’ ditambah aransemen yang begitu apik membuat single ini menciptakan nuansa yang mampu membuat pendengarnya ‘melebur’ ke dalam lagu. Bassline dari Vincent Rompies yang begitu ramah telinga akan lebih terasa jika mendengarkannya menggunakan earphone. Sehingga, dengan tetap mempertahankan ciri khas mereka, lagu ini seolah memberikan warna baru bagi Goodnight Electric untuk ke depannya.

Kejutan lain adalah hadirnya Eva Celia yang berkontribusi dengan mengisi voice over pada awal bagian lagu. Pembuka oleh Eva dikonsep melalui sebuah penyampaian flight announcement dengan monolog yang proporsional:

“This is a final boarding call for Priscilla Jamail. Flying to Nowhere.

On Flight Tamat. Your flight is ready to leave. Please go to the gate immediately.

The door of the plane will close in five minutes.”

Baca Juga: Hutan Hujan Menerjang Linimasa yang Berantakan dengan Single “Pancaroba Peradaban”

Sementara itu, visualisasi dari foto dan video lirik yang high-contrast: magenta-biru samar yang girly juga turut mendukung suasana yang coba dibangun lewat musiknya. Untuk urusan visual, bagian foto seri dari lagu “Tamat” dan video liriknya dikerjakan kolektif oleh Henry Foundation, Vincent Rompies, Bondi Goodboy dan Dewi Mariam, sutradara yang pernah menggarap video musik “Saturn Girl”.

So, just preparing to say “Goodbye 2020, thank you”.

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.