“Emotions”, Single Tarrarin ‘Svmmerdose’ dan Kevin ‘Idol 2018’ Memberikan Stimulus untuk Para Pejuang Kegelisahan

Emotions, Single Tarrarin dan Kevin Idol 2018

“Emotions”, Single Tarrarin ‘Svmmerdose’ dan Kevin ‘Idol 2018’ Memberikan Stimulus untuk Para Pejuang Kegelisahan

Penulis Rizaldi Dolly | Editor Rizaldi Dolly

Tarrarin ‘Svmmerdose’ dan Abraham Kevin ‘Idol 2018’ baru saja merilis single kolaborasi dengan Kegelisahart yang berjudul Emotions awal Mei 2020.

Lagu ini digagas oleh I Made Suri Pandhu, selaku founder dari Kegelisahart yaitu, Sebuah wadah atau platform secara online yang ditujukan untuk teman-teman penyintas dan pejuang kegelisahan yang ingin menuangkan keresahannya melalui karya yang mereka ciptakan melalui media itu sendiri.

Adapun Tarrarin menulis lirik Emotions berdasarkan cerita nyata dari Kevin dan Pandhu yang berjuang menghadapi Anxiety Disorder (Kecemasan Berlebihan).

Harapan yang diinginkan oleh Kegelisahart setelah merilis lagu Emotions adalah meningkatkan kesadaraan masyarakat akan issue tersebut dan ajakan masyarakat banyak untuk melampiaskan kegelisahan gangguan mental nya, melalui medium seni seperti menyanyi, menggambar, membuat puisi dan karya seni lainnya. Lagu Emotions menjadi bukti bahwa penyintas gangguan mental mampu berkarya yang dapat dinikmati oleh masyarakat banyak.

Rencananya nanti setelah pandemic selesai, akan diselenggarakan acara talkshow membahas Anxiety Disorder dengan ahli professional sekaligus mini showcase yang dimana Tarrarin dan Abraham Kevin akan menyanyikan lagu Emotions di depan publik dan akan banyak lagi project-project yang renananya akan dibuat dan bagikan sebagai media pendukung untuk teman-teman penyintas kedepannya.

Emotions sendiri mengangkat artwork bertemakan karya seni kolase (collage artwork) terinspirasi dari dadaism & abstrak ekspresionis. Warna didalam artwork ini sendiri mixed, untuk penggunaan warna merah cukup signifikan, merah berarti berani untuk melawan Anxiety dari dalam diri setiap individu, selagi harus bisa pergi dari blurry. Warna lain merepresentasikan campuran dari emotions setiap individu disaat merasa terintimidasi oleh suatu keadaan atau peristiwa.

Dengan dirilisnya single ini, besar harapan semoga kolaborasi ini bisa menjadi semangat untuk semua orang terutama penikmat musik.

Anxiety dan Musik

Memang sejauh ini, seni, terutama musik, kerap menjadi stimulus bagi orang-orang yang mungkin sedang atau pernah merasakan anxiety disorder atau kecemasan berlebihan.

Stimulus yang dalam artian, dapat menjadi ‘penenang’, ‘penyemangat’, atau bahkan ‘penyambung suara hati’.

Musik, lewat berbagai warna yang disuguhkan, dapat menjadi alternatif jawaban dari sebuah pertanyaan orang-orang atau bahkan diri sendiri tentang “apa yang sebenarnya terjadi?”, karna bagaimanapun, anxiety sering menyeret seseorang dalam situasi blank. Yang dimana situasi itu dapat mengunci kosakata dalam kepala—sehingga seseorang sulit menemukan konfigurasi diksi untuk menjelaskan apa yang sedang dirasakannya.

Baca Juga: Aksi Sosial di Balik Rilisnya ‘Panggilan Jiwa’ Chiki Fawzi Bersama Vira Talisa dan Meda Kawu

Seringkali sulit menemukan jawaban mengapa keresahan begitu kentara dalam jiwa—dan musik, dapat menjadi medium untuk bersuara—lantang atau lembut, seperti, “i’m not ok”.

Tarrarin dan Abraham kami rasa berhasil memberikan ‘stimulus’ lewat lagu Emotions.

Kami pikir, apa yang dilakukan oleh Tarrarin, Kevin dan Pandhu, lebih dari soal karya musik yang ‘menjembatani’ orang-orang yang pernah atau tengah berjuang menghadapi Anxiety Disorder-nya.

Melainkan juga sebuah upaya membangun sebuah ‘rumah bersama’, untuk saling memeluk dan menguatkan.

Selamat dan sukses, Kegelisahart, Tarrarin, juga Kevin!

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.