Diskoria Gandeng Laleilmanino dan Eva Celia untuk Kenang Legenda Lewat Single C.H.R.I.S.Y.E

Diskoria, Eva Celia, Leleilmanino, Chrisye

Diskoria Gandeng Laleilmanino dan Eva Celia untuk Kenang Legenda Lewat Single C.H.R.I.S.Y.E

Penulis Dyas BP | Editor Rizaldi Dolly

Lagu ini bisa dikatakan nyaris sempurna untuk sebuah karya ‘tribute’ yang digarap dalam waktu singkat.

Thexandria.com – Diskoria selaku kolektif musik tak henti-hentinya memberikan kejutan kepada para penikmat musik. Sebelumnya mereka mampu menghadirkan karya yang begitu ‘manis’ lewat kolaborasi dengan beberapa aktor dan aktris ternama, seperti Dian Sastrowardoyo, Fathia Izzati hingga Joe Taslim. Di pengawal tahun 2021 mereka membuka lembaran baru dengan meluncurkan sebuah single yang berjudul cukup unik: “C.H.R.I.S.Y.E”. Dalam single CHRISYE yang rilis pada Jumat (15/1/2021) Diskoria merangkul Laleilmanino dan juga Eva Celia.

Tentu dari judul tersebut kita bisa menebak bahwa lagu ini merupakan karya penghormatan kepada salah satu legenda musik tanah air, Chrisye. Lagu yang secara khusus didedikasikan untuk mendiang Chrisye ini terbilang unik karena liriknya diambil dari 24 lagu yang pernah dipopulerkan Chrisye. Konon jika jeli dalam membedah lagu ini, tiap abjad di awal reff lagu ini akan membentuk akronim C.H.R.I.S.Y.E yang membuat kita tak habis pikir dengan ide ‘gila’ ini.

Beginilah penggalan lirik dari reff tersebut:

Cintaku bertepuk
Harap yang tak ada
Rintihan nada asmara Inginku kembali ke masa remaja
Serasa galih & ratna
Yang kumau kau untukku meskipun kau tak rindu
Engkau aku suka

Baca Juga: Rizky Febian Terjebak Kerinduan Mendalam pada Single “Ku Rindu Ibu”

Berdasarkan siaran pers yang disiarkan, proses penggarapan C.H.R.I.S.Y.E berbeda dari lagu biasanya. Lagu ini digarap dari tempat berbeda-berbeda sebelum akhirnya dirilis pada pekan lalu. Eva sebagai vokalis merekam vokal di studio sendiri setelah mendapat arahan secara virtual. Sementara itu, Diskoria dan Laleilmanino meracik musik di studio yang berbeda dengan Eva.
Melansir dari akun YouTube Suara Disko milik Diskoria, ada tiga video berjudul Studio Pop Show yang menjelaskan perjalanan pembuatan musik mereka tersebut. Dari video tersebut diungkapkan kalau pembuatan lagu ini merupakan challenge pertama bagi Studio Pop untuk Diskoria dan Laleilmanino. Mereka ditantang untuk membuat lagu dalam waktu 24 jam.

“Akhirnya, dengan eksekusi yang efektif, Diskoria, Laleilmanino, dan Eva Celia mampu menyelesaikan lagu CHRISYE ini dengan total waktu pengerjaan kurang lebih 20 jam,” demikian pernyataan Diskoria dalam keterangan siaran pers.

Lagu ini bisa dikatakan nyaris sempurna untuk sebuah karya ‘tribute’ yang digarap dalam waktu yang singkat. Konsep yang disusun cukup matang, mulai dari komposisi musik, aransemen hingga otak-atik lirik mampu dikerjakan dengan sangat apik. Dari segi musikalitas dan komposisi, single ini memiliki energi yang sama dengan lagu-lagu sebelumnya, seperti Balada Insan Muda, Serenata Jiwa Lara dan Simfoni Rindu—membawa suasana gembira dan seakan mengajak pendengarnya untuk berdansa.

Lebih dari itu, suara alat musik gesek dalam C.H.R.I.S.Y.E membuat lagu ini terasa megah. Terlebih pada bagian tengah lagu ketika bunyi alat musik gesek terdengar dominan.
Peran Eva Celia dalam menyanyikan lagu ini juga layak mendapat apresiasi. Suaranya yang bisa dibilang berkarakter ‘tipis’ terasa sangat cocok membawakan C.H.R.I.S.Y.E. tanpa mengurangi rasa khidmat untuk mengenang sang legenda, Chrisye.

Single ini sekaligus menjadi penekanan bagi eksistensi Diskoria yang selalu menonjol lewat ciri khas yang coba mereka hadirkan: konsistensi lewat sajian nuanasa disko klasik era 1980-an. Selain itu, video musik lagu ini juga dapat disaksikan melalui YouTube. Adalah Gianni Fajri yang bertindak sebagai sutradara video musik “C.H.R.I.S.Y.E”.

Diskoria, Leleilmanino, Eva Celia – CHRISYE Music Video

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.