Dirut Pertamina Nicke Widyawati Masuk Jajaran Wanita Berpengaruh Dunia

Nicke Widyawati Forbes Fortune 2020

Dirut Pertamina Nicke Widyawati Masuk Jajaran Wanita Berpengaruh Dunia

Penulis Adi Perdiana | Editor Rizaldi Dolly

Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini dinilai sangat tangguh.

Thexandria.com – Kabar gembira nan membanggakan kembali diberikan pada srikandi tanah air. Seperti sebuah pengakuan internasional, apresiasi dunia terhadap kinerja perempuan Indonesia terus bergilir dan pada kali ini tertuju pada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Kali ini, pengakuan itu datang dari media skala internasional Forbes, yang mengakui Nicke Widyawati sebagai peringkat ke-25 dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia atau The World’s 100 Most Powerful Women versi Forbes.

Berdasarkan daftar Forbes yang dirilis pada 8 Desember 2020 ini, pada 25 besar terdapat sejumlah tokoh dunia, diantaranya adalah Kanselir Jerman Angela Merkel, Chief of European Central Bank, Christine Lagarde, Calon Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris.

Pemerintah bahkan menyebut bahwa Nicke masih yang terbaik untuk memimpin Pertamina dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kinerja tahun lalu pada 2019 dimana Pertamina berhasil membukukan pendapatan hampir USD 55 miliar dan laba sekitar USD 2,5 miliar.

Merspon hal tersebut, Nicke merasa bersyukur atas apresiasi yang diberikan Namun baginya hal ini dapat tercapai juga karena kinerja seluruh tim Pertamina baik pekerja maupun level top manajemen.

Ia menambahkan, tantangan ke depan tidak akan lebih mudah, terutama karena hampir semua lini bisnis harus bangkit pasca pandemi Covid-19. Pertamina, sebagai bagian dari Indonesia akan terus berperan aktif dalam mendorong bangkitnya perekonomian Indonesia.

Tak Hanya Sendiri

sri mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga masuk ke dalam daftar The World’s 100 Most Powerful Women versi Forbes. Kali ini Sri Mulyani berada di peringkat ke-78 sementara Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati yang menempati urutan ke-25.

Sri Mulyani masuk ke dalam 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes sebagai Menteri Keuangan Indonesia, setelah sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Forbes menuliskan bahwa sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Tahun lalu pun, Sri Mulyani menerima penghargaan bergengsi sebagai Menteri Terbaik yang prestisius di World Government Summit atas usaha-usahanya untuk menerapkan reformasi,” melansir Forbes.

Sosok Nicke Widyawati

Beberapa bulan lalu tepatnya pada oktober 2020 Media bisnis global, Fortune juga menobatkan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia (Most Powerful Women International) 2020 versi Fortune. Nicke langsung menempati peringkat 16 dari 50 perempuan dunia yang dinilai memiliki kemampuan mengendalikan perusahaan yang dipimpinnya selama pandemi.

Fortune menilai Nicke Widyawati sangat layak menerima apresiasi tersebut karena mampu melakukan terobosan untuk mengendalikan kinerja Pertamina sekaligus berkontribusi maksimal terhadap penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Sehingga kerugian Pertamina dapat ditekan, jauh lebih baik dari perusahaan migas global lainnya. Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini dinilai sangat tangguh.

Nicke menempati peringkat 16 dari 50 perempuan dunia yang dinilai memiliki kemampuan mengenda likan perusahaan yang dipimpinnya. Ia mampu menangani sebuah perusahaan milik negara dengan revenue tahunan lebih dari US$ 54,6 miliar dan 32.000 pekerja di seluruh dunia.

Daftar tahunan Most Powerful Women International versi Fortune tahun 2020 merupakan daftar tahunan khusus yang menyoroti perempuan paling berpengaruh dalam bisnis yang berbasis internasional. Nicke Widyawati merupakan satu-satunya perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar 50 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi Fortune tahun 2020.

Nicke berada di urutan ke 16 dan mengalahkan sejumlah CEO global dunia di seluruh dunia, seperti CEO & Direktur Ek‐ sekutif Temasek Ho Ching (#20), President Foods and Refreshment, Unilever Hanneke Faber (#23) dan CFO Royal Dutch Shell Jessica Uhl (#29), Presiden Novartis Oncology Susanne Schaffert (#31), dan CEO, Beauty Procter & Gamble R. Alexandra (Alex) Keith (#34).

Baca Juga Rencana Ekonomi Joe Biden: Selamatkan Masyarakat Kelas Menengah untuk Selamatkan Amerika

Sejak Pemerintah secara resmi mengumumkan pandemi COVID-19 di Indonesia, Nicke langsung mengambil langkah tegas. Ia memaparkan kebijakan strategis untuk menjaga kinerja perusahaan dari segi operasional dan finansial. Hal ini dilakukan untuk menyikapi perkembangan terkini pandemi COVID-19 yang tidak hanya berdampak terhadap kesehatan warga dunia tapi terhadap perlambatan ekonomi dunia.

Memang tahun 2020, bukanlah tahun yang mudah bagi Pertamina, namun Nicke selalu berprinsip “dibalik segala kesulitan, selalu ada bright side, selalu ada opportunity untuk menjadi lebh baik”. Dengan prinsipnya tersebut NickeWidyawati konsisten menyebarkan energi positif kepada seluruh tim dan Perwira Pertamina untuk selalu melihat sisi positif dari segala peristiwa dan memberikan semangat dalam menghadapi segala tantangan.

Sebagai contoh, bahwa masuknya Nicke Widyawati kedalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia adalah sebuah gerbang pembuktian dan bukanlah sebuah hasil akhir, melainkan sebuah proses yang terus mendorong untuk memberikan kemajuan. Dan perempuan juga dapat menjadi bagian penting yang dapat menjadikan Indonesia semakin diperhitungkan di kancah Internasional.

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.