Dia Pikir Kalimantan itu Hutan Semua, Coba Kasih Tau Dulu, Wal!

Dia Pikir Kalimantan itu Hutan Semua, Coba Kasih Tau Dulu, Wal!

Dia Pikir Kalimantan itu Hutan Semua, Coba Kasih Tau Dulu, Wal!

Penulis Suci Jayanti Tadjri | Editor Rizaldi Dolly

“Pertama kalinya mendarat di Kalimantan, di pikiranku Kalimantan itu pada hutan semua, dan pas udah datang disini ternyata lumayan banyak juga gedung-gedung tinggi..”

Cuit salah satu pengirim di akun @subtanyarl di Twitter yang saya liat di kolom replynya banyak anak-anak Kalimantan, ges! Entah kenapa, cuitan tersebut bikin saya senang sekaligus sedih juga—kok Kalimantan dianggap seakan-akan tidak ada kehidupan selayaknya orang-orang di kota besar dengan gedung-gedung yang bertingkat.

Senang karena.. wow saya akan sangat bersyukur sekali jika hutan-hutan di sini masih rimbun. Well, since Twitter riweuh dengan “Kukira Kalimantan hutan semua bla bla,” saya akan menawarkan apa saja sih kegiatan-kegiatan menarik kalau kamu lagi berkunjung ke Kalimantan, khususnya Kota Samarinda—karena saya tinggal di Samarinda tentunya. Apa saja, sih?

1. Citra Niaga Samarinda

Citra Niaga Samarinda

Untuk kamu-kamu yang suka traveling dan ngoleksi pernak-pernik khas dari tempat yang kamu kunjungi; Citra Niaga mungkin tempat yang cocok buat kamu! Buka dari jam 8 pagi sampai 9 malam—Citra Niaga Samarinda menyuguhkan berbagai souvenir khas Kalimantan yang bisa kamu beli, mulai dari; kaus, tas, batik, gelang, ikat kepala, dsb.

Selain itu, ruko-ruko di Citra Niaga yang terkesan old  but still gold akan membuat kamu yang demen jepret-jepret jadi tidak kehabisan spot dan pastinya.. wow, akan terkenang kalau kamu pernah ke salah satu titik keren di Samarinda.

Oh, iya, selain ruko pernak-pernik; ada juga nih.. Kopi Sajen, kedai kopi yang lagi ramai banget dikunjungi anak muda Samarinda. Lokasi di dalam pasar Citra Niaga yang membuat kedai kopi ini beda aja gitu. Selain kopinya yang enak dan terjangkau lho, ya. Yuk, mampir.. sudah ditunggu mbah, tuh!

2. Desa Pampang

Desa Pampang

Mentang-mentang ‘desa’, tapi jangan diremehkan, nih, tempat wisata yang satu ini—justru ini yang masih kental banget dengan budayanya. Desa Budaya Pampang adalah tempat wisata yang dimana kamu bisa berinteraksi langsung dengan warga suku Dayak Kenyah. Berlokasi 20km dari pusat kota Samarinda dan dapat ditempuh menggunakan mobil atau motor.

Pengunjung bisa menyaksikan tarian-tarian dari suku Dayak Kenyah, belajar budaya dengan warga di dalamnya hingga berfoto bersama. Kalau kamu tertarik dengan kegiatan kebudayaan, this is the activity you must do kalau lagi berkunjung ke Samarinda!

3. Kapal Wisata Pesut Etam

Kapal Wisata Pesut Etam

Siapa yang suka wisata air? Nih, ada wisata susur Sungai Mahakam menggunakan kapal wisata. Kapal Wisata Pesut Etam adalah kapal wisata yang menyusuri sungai Mahakam menjadikan salah satu wisata unggulan kota Samarinda. Bersama kapal Pesut Etam, kita dapat melihat keindahan kota Samarinda dari atas sungai.

Kapal Wisata Pesut Etam menyediakan tiga trip wisata; Wisata Samarendah menyusuri empat jembatan, Kantor Gubernur Kaltim, Lamin Etam, Islamic Centre Kaltim, Masjid Sirathal Mustaqiem, Masjid Raya Darussalam, Big Mall, Kampung Cina, Kampung Tenun, Kampung Ketupat, dan Kampung Amplang.

Kedua adalah wisata religi Kutai Lama; mengenal sejarah kerajaan Kutai dengan mengunjungi makam Raja Kutai pertama dan Tunggang Parangan. Sedangkan yang ketiga adalah wisata rekreasi Pulau Kumala & Museum Mulawarman. Nah, gimana? Tempat-tempat tersebut sangat cocok untuk kunjungan wisata dalam agenda liburan kalian.

4. Rumah Ulin Arya

Rumah Ulin Arya

Terletak hampir di ujung dari pusat kota, sedikit lebih mendalam—kita akan memasuki adem dan tenangnya Rumah Ulin Arya. Beralamatkan di Jalan Teluk Batu, RT 20. Desa Bayur, Kelurahan Samarinda Utara, Rumah Ulin Arya menyuguhkan berbagai macam fasilitas seperti mini swimming pool, jogging track, gazebo, fasilitas BBQ, camping ground, salak’s garden, hidden café, sampai private library yang bikin betah untuk berlama-lama membaca buku.

Tempat wisata ini dikategorikan sebagai obyek wisata berwawasan lingkungan (back to nature). Membuat pengunjung tergugah untuk lebih mencintai alam.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Samarinda, mulai dari tempat yang ber-AC sampai angin natural dari Tuhan. Café-café hits juga mulai menjamur di berbagai titik, yang pastinya mengandalkan kopi enak dan tempat yang nyaman juga instragamable.

Kalau mau ke tempat-tempat yang lebih tinggi tinggal meluncur ke Bukit Steling atau Bukit di Suryanata.. atau yang lagi hits kalau mau ngopi sambil menikmati pergantian sore ke malam bisa ke Teras Roemah atau D’puncak. Kada perlu wal ae gedung tinggi, sini sudah kawali aku, nah!

Ps. Eh, bubuhan ikam, kada usah sungkan lah kasih saran wadah-wadah hits di Samarinda! Corat coret ha’ di kolom komen.

Baca Juga: Menyikapi Usulan Menko PMK Soal si Kaya Agar Menikahi si Miskin dengan “Cukup Siti Nurbaya”-nya Dewa 19

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.