Cara Mengurangi Kebiasaan Boros

Cara Mengurangi Kebiasaan Boros

Cara Mengurangi Kebiasaan Boros

Penulis Adi Perdiana | Editor Rizaldi Dolly

Thexandria.com – Dengan gaya hidup sekarang yang sangat konsumtif maka kerapkali kita secara tidak sadar telah mendapatkan predikat sebagai seseorang dengan kebiasaan boros. Tidak hanya bagi wanita saja, pun pria mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua pasti banyak yang memiliki kebiasaan tersebut.

Namun kerap kali kebiasaan tersebut apabila tidak dikontrol dengan baik, maka akan menimbulkan sebuah ketidakseimbangan dalam kehidupan kita. Tidak Percaya? Coba jawab pertanyaan ini. Apakah kamu sering berpikir kalau biaya pengeluaran untuk kebutuhanmu lebih besar daripada pendapatan yang kamu hasilkan tiap bulannya?.

Jika jawabannya adalah iya, dan apabila kamu selalu merasa kalau dompetmu selalu kering di akhir bulan sampai-sampai tidak bersisa bahkan kurang dan harus ngutang. Maka bisa jadi kamu termasuk sebagai orang yang memiliki kebiasaan boros.

Jika kamu tidak berusaha untuk mengatasi kebiasaan tersebut maka nantinya kebiasaan boros akan menjadi sangat sulit untuk dihilangkan dan anggaran keuanganmu akan semakin kacau.

Apabila tidak dibarengi dengan komitmen dan keinginan yang kuat untuk merubah kebiasaan tersebut. Maka hal tersulit yang akan kamu hadapi seperti berbelanja hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan serta gaya hidup ikut-ikutan mewah yang telah menjadi kebiasaan boros akan menjadi momok besar dalam hidupmu.

Sehingga kamu akan selalu mengeluh kekurangan di saat akhir bulan tiba.

Bagi kamu yang ingin merubah kebiasaan boros pada kehidupanmu. Berikut adaah beberapa tips yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

Menyusun Anggaran Keuangan Bulanan

Menyusun anggaran keuangan bulanan adalah hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mendapatkan gaji di awal bulan. Dengan memprioritaskan kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Jika kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari telah terpenuhi maka sisa uang tersebut dapat kamu tabung atau digunakan untuk investasi.

Dengan menghitung sejumlah pengeluaran utama dengan tepat. Maku kamu bisa melakukan suatu penghematan. Namun jangan sampai melakukan penghematan yang terlalu ekstrim yang bedampak pada kesehatan dan kebahagiaanmu.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menyusun anggaran keuangan adalah kamu dapat mengurangi kebiasaan boros karena pengeluaran yang tak terduga.

Buatlah kegiatan ini menjadi mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Kita bisa memberi diri kita sendriri sebuah reward atas pencapaian yang telah kita lakukan pada anggaran tersebut sehingga dapat membuat kita lebih bersemangat dalam membuat pernghematan.

Baca Juga: Emotionally Abused; Tak Nampak, Tak Terasa Terjebak

Belanja Secukupnya

Mendapatkan gaji di awal bulan pasti kita akan bepikir membeli sesuatu yang telah kita inginkan sebelumnya. Apalagi bagi mereka yang memilki hobi-hobi tertentu yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi kesenangan menjalani hobi tersebut.

Berbelanja di mall, berbelanja online, yang mana sebenarnya kamu hanya ingin memuaskan hasrat belanjamu saja sehingga kamu membeli barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Walaupun itu mahal demi menyenangkan hati kita. Hingga rela memotong anggaran keuangan yang seharusnya digunakan untuk hal yang jauh lebih penting.

Tidak dapat dipungkiir bahwa kegiatan belanja adalahh suatu hal yang menyenangkan ketika kamu mendapatkan suatu barang baru yang kamu inginkan. Bahkan banyak orang yang telah menjadikan belanja sebagai sebuah hobi.

Kendalikanlah keinginan belanjamu yang dapat membengkakan pengeluaranmu.

Membuat Kebiasaan Baru yang Murah

Apabila kebiaasan boros yang kamu alami selama ini ingin kamu perbaiki, maka kamu dapat mencoba dengan membuat kebiasaan-kebiasaan baru yang dapat menghemat pengeluaran. Memulai kebiasaan tersebut dapat kita lakukan secara perlahan dan pastinya kamu harus menjalaninya dengan senang hati.

Kebiasaan boros memang tidak dapat langsung dihilangkan seketika. Dengan gaya hidup yang kita miliki sebelumnya kita dapat membuat kebiasaan-kebiasaan baru yang dapat dilakukan misalnya seperti; sebelumya kamu yang selalu makan di restoran mahal, maka kamu dapat menguranginya menjadi seminggu sekali.

Atau kamu dapat mulai belajar memasak sendiri makananmu di rumah. Sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Apabila kamu terbiasa nongkrong di tempat-tempat tertentu, yang mana semua hal itu dapat menguras kantong dengan cepat. Kamu dapat memilah mana tempat yang sekiranya murah dan dapat menjaga keuanganmu tetap sehat.

Demikian adalah tips-tips yang sebenarnya mudah untuk dilakukan dalam kehidupan kita, namun untuk menjalaninya perlu diiringi dengan niat yang kuat. Sehingga kebiasaan boros dapat teratasi. Dan tidak ada lagi keluahan karena tidak cukupnya pendapatanmu di akhir bulan.

Mulailah menjadi bijak dengan mendahulukan kebutuhan utama dalam kehidupan, belanja hal-hal yang penting, dan sisihkan uangmu untuk hal yang lebih bermanfaat.

Sumber Foto: Zain Sinjay

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.