Blackpink dan Revolusi Grup Musik Perempuan

Blackpink How You Like That

Blackpink dan Revolusi Grup Musik Perempuan

Penulis Suci Jayanti | Editor Rizaldi Dolly

Hanya butuh 4 tahun untuk Blackpink menjadi salah satu girl band terbesar di dunia, dengan persiapan promosi yang dimulai pada tahun 2011 dan pengumuman line-up terakhir disusul nama grup pada 29 Juni 2016—Blackpink yang beranggotakan Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé adalah grup perempuan pertama yang debut di bawah payung YG Entertainment dalam tujuh tahun setelah 2NE1. Blackpink sendiri dirancang oleh YG Entertainment untuk menampilkan dua sisi antara the group’s dark and fierce side (black) bersama their light and lovable side (pink) jelas terasa di dalam lantunan hip-hop dan dance pop yang mudah diterima.

Melalui rilisnya Square One di tahun 2016, menjadi sebuah smash tersendiri untuk dunia K-Pop karena hadirnya “Whistle” dan “Boombayah” sebagai pengenalan yang cukup mendobrak dari Blackpink. Kemudian, selang beberapa bulan setelahnya, Blackpink kembali mendobrak  namun kali ini dengan Square Two yang dibalut nuansa akustik berisi lagu “Whistle” dan “Stay” dengan jangkauan vokal yang lebih luas. Di tahun 2019, Blackpink memecahkan tiga Guinness World Records dengan lagu mereka yang berjudul “Kill This Love” dengan lebih dari 312 juta streamer di Spotify dan 824 juta viewers di YouTube. Di tahun yang sama juga, mereka berhasil menjadi Korean female group yang sukses secara financial melalui konser tur mereka.

Di pertengahan tahun 2020—tepat pada 26 Juni yang lalu, Blackpink mengeluarkan lagu sekaligus music video comeback mereka “How You Like That” yang menetapkan rekor sepanjang masa dari YouTube untuk pemutaran perdana dengan 8,63 juta penonton dalam kurun waktu 24 jam. Tidak hanya rekor di YouTube, di platform Spotify—Blackpink berhasil menduduki peringkat 2 Chart Global Top 50 dan menetapkan rekor baru untuk grup musik perempuan (Girl Band) secara keseluruhan bukan hanya di K-pop. How You Like That juga memuncaki peringkat satu tangga lagu Top Songs iTunes di 60 negara dan menjadi rekor domestic Korea Selatan menggengam predikat Real Time All Kill—yang dilihat dari beberapa platform digital music yang semuanya menduduki peringkat satu. Keuntungan lain dari rilisnya How You Like That juga membuat Blackpink tampil secara virtual di pertunjukan Jimmy Fallon pada 27 Juni lalu.

Revolusi Grup Musik Perempuan

Ini membuat kita menarik ke belakang dan mengingat-ingat beberapa grup musik yang paling sukses dan tampaknya terisi oleh identitas grup musik perempuan. Pada akhir 90-an, Spice Girls muncul dengan lima wajah  berbeda dan dua album mereka, Spice dan Spice World menjadi sebuah smash pada waktu itu. Kemudian, ada salah satu grup pop perempuan Destiny’s Child yang diisi oleh salah satu diva dunia; Beyoncé, dengan lagunya yang bertajuk Survivor. Lalu, di beberapa tahun terakhir, the Western girl groups; Fifth Harmony dan Little Mix. Namun, kedua grup musik perempuan ini terasa seperti kurang muncul identitas sebuah grup atau kelompok sebagai latar belakang meskipun lagu-lagu seperti Wings dan DNA sangat seru didengarkan dan Shout Out to My Ex menjadi sebuah anthem yang menduduki salah satu chart tertinggi di Hot 100.

Jika kembali ke dunia K-pop, sudah dapat dipastikan kita akan bertemu dengan ‘sesepuh’ grup musik perempuan yang sukses juga mendunia seperti 2NE1 dan 4Minute pada waktu itu. Lalu, beberapa tahun belakangan ini ada TWICE dengan debutnya Like Ooh Aah dan Red Velvet yang membawa dua sisi mereka dengan lagu-lagu R&B yang pop dan apik, kemudian ada Pristin dengan debutnya We Are Pristin!—ketiga grup musik perempuan ini bersama Blackpink mencetak debut mengesankan dengan rilisan pertama mereka di tangga lagu Billboard.

Mungkin ini yang membuat Blackpink menjadi bagian paling besar kalau kita berbicara tentang grup musik perempuan di Korea sendiri maupun dunia. Meskipun ada keramaian tersendiri di setiap identitas grup musik perempuan, namun, bisa dikatakan tidak se-greget Blackpink dalam menggabungkan para pendengar mereka sehingga membentuk suatu hype yang sangat besar. Selaras dengan deklarasi mereka “Blackpink is the revolution” yang terdengar di dalam lagu Forever Young.

Baca Juga Terima Kasih Nadin Amizah untuk Album Selamat Ulang Tahun

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.