Berkenalan dengan Skena Musisi R&B di Indonesia

Berkenalan dengan Skena Musisi R&B di Indonesia

Berkenalan dengan Skena Musisi R&B di Indonesia

Penulis Suci Jayanti Tadjri | Editor Rizaldi Dolly

Istilah “Rhythm & Blues” diciptakan untuk menggantikan sebutan “race music,”—yang sampai saat itu adalah frase standar catch-all yang digunakan dalam referensi untuk sebagian besar musik yang dibuat oleh orang kulit hitam pada saat itu.

Thexandria.com – 3 tahun belakangan ini, skena musik di Indonesia bisa dikatakan beragam banget. Tidak hanya musik pop yang pastinya bikin nyantol tiap kita dengerin, tapi juga merambah ke genre R&B (rhythm and blues) yang makin kesini makin mencuat dan mudah “terjamah” oleh telinga kita. Aliran R&B adalah kombinasi antara rhythm and blues itu sendiri, pop, soul, funk, hip hop dan electronic music—ditambah vokal yang halus dan meliuk-liuk yang bikin nuansa soul di setiap lagu beraliran R&B semakin ugh!

Sejarah singkat aliran R&B

Sejarah musik R&B diawali dari sebuah gambaran bentuk musik yang dipengaruhi oleh blues dan didominasi oleh Afrika-Amerika sejak akhir 1930-an. Istilah “Rhythm & Blues” diciptakan untuk menggantikan sebutan “race music,”—yang sampai saat itu adalah frase standar catch-all yang digunakan dalam referensi untuk sebagian besar musik yang dibuat oleh orang kulit hitam pada saat itu. Setelah istilah “race music” dianggap ofensif, Billboard mulai menggunakan nama Rhythm & Blues yang diciptakan oleh Wexler. Pada tahun 1950-an, musik Rhythm and Blues dikaitkan dengan pemuda kulit hitam di klub honky-tonks dan after-hour, dan itu sering dianggap sebagai gaya seni lowbrow dibandingkan dengan bentuk ekspresi hitam Jazz yang lebih highbrow.

Ketika musik hip hop muncul dan mulai mendominasi adegan sosial hitam, R&B menjadi dianggap sebagai “sekelompok lagu cinta”. Kemudian pada tahun 1970-an, istilah ritme dan blues berkembang menjadi istilah “selimut” yang mencakup bentuk musik soul dan funk. Menghasilkan sebuah istilah yang dapat digunakan untuk mendefinisikan sebagian besar musik perkotaan Afrika-Amerika yang dinyanyikan, meskipun soul dan funk bisa ditempatkan dalam kategori mereka sendiri. Sejumlah perintis musik R&B di tahun 1940-an dan 50-an  diliputi oleh The Swallows, the Five Blue Notes, the Armstrong Four, dan the Melodaires yang lahir sebelum tahun 1935. Kemudian, seperti yang kita ketahui—diramaikan pula oleh Usher, R Kelly, Alicia Keys dan lainnya seiring berjalannya waktu hingga sekarang.

Skena musisi R&B di Indonesia

Belum tahu pasti kapan tepatnya aliran R&B masuk ke Indonesia, namun yang pasti pertama kali menjamah telinga saya pada saat itu adalah Glenn Fredly—sosok yang memperkenalkan aliran R&B lewat Januari-nya. Membuat saya tertarik dan jatuh cinta hingga detik ini—menarik ke belakang sejarah mengenai musisi R&B. Kemudian, dengan perkembangan teknologi dan kembalinya era musik pada tahun 80-90-an kembali menghadirkan musisi-musisi beraliran R&B yang bisa dibilang jarang terekspos. Siapa saja, sih? Kenalan, yuk!

1. Teza Sumendra

Teza Sumendra Thexandria.com

Mengawali dengan mengikuti ajang pencarian bakat “Indonesian Idol”, Teza yang kemudian lebih dikenal kembali dengan lagunya yang berjudul I Want You, Love—berhasil bikin hati para wanita meleleh. Pria kelahiran tahun 1988 ini mengusung aliran R&B soul bertema 21 tahun ke atas dan perselingkuhan serta seks yang gamblang—agar sebagai pembeda dari cinta-cinta yang diangkat pada umumnya, katanya.

2. RL+Klav

RL+Klav Thexandria.com

Terdiri dari dua perempuan bertalenta, Rizkia Larasati dan Keisha Aita (RL+Klav) mulai memproduksi mini album bertajuk Basic yang rilis pada tahun 2018 lalu. Mengusung aliran R&B electronic soul yang benar-benar bikin chill banget dan pastinya sebuah project duo yang harus banget berkenalan dengan telinga kamu!

3. Sade Susanto

Sade Susanto RnB Thexandria.com

Perempuan yang bernaung di bawah Hills Collective, Semarang, ini juga tak ketinggalan meramaikan skena musisi R&B di Indonesia. Merilis album Checkpoint pada bulan Oktober 2018 lalu—memperkenalkan suara khas Sade Susanto yang patut banget terdengar dari Sabang sampai Merauke.

4. Mira Jasmine

Mira Jasmine RnB Thexandria.com

Nama Mira Jasmine terbilang asing banget, sih. Namun, tidak disangka-sangka ketika saya pertama kali mendengarkan Looking For—“oh, wow!Thank God.” Bersanding dengan Kayman (co-Produser Dipha Barus), mengusung aliran R&B/ Neo Soul patut ditambah kedalam playlist R&B kamu!

5. Elvan Saragih

Elvan Saragih RnB Thexandria.com

Menyandang gelar juara 1 Rising Star 3 sepertinya pantas disematkan pada pria kelahiran 1998 ini—terlihat dari wara-wiri-nya Elvan di ajang pencarian bakat, membuat sosok pria yang satu ini tampak gigih. Suaranya yang khas dalam menyanyikan lagu di setiap penampilannya di Rising Star dengan nuansa R&B soul, membuat Elvan patut diperhitungkan sebagai generasi penyanyi R&B selanjutnya.

Berikut 5 musisi skena yang berkecimpung di aliran R&B, kamu ada tambahan? Tulis di kolom komentar, ya!

Share Artikel:

One thought on “Berkenalan dengan Skena Musisi R&B di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.