Belajar Menerima Diri Sendiri Bersama “Si Lemah”

RAN-HINDIA Belajar Menerima Diri Sendiri Bersama Si Lemah

RAN-HINDIA: Belajar Menerima Diri Sendiri Bersama “Si Lemah”

Penulis Suci Jayanti Tadjri | Editor Rizaldi Dolly

Masih dalam rangkaian konsep terbaru dari RAN, Omne Trium Perfectum: The Series, yang berartikan “Everything that comes in threes in perfect“. Sebelumnya RAN membuka terlebih dahulu project series ini dengan Ain’t Gonna Give Up yang ditulis Rayi pada bulan Agustus 2019, kemudian dilanjut persembahan dari Asta pada bulan Oktober 2019 dengan single Saling Merindu. Kini di bulan April 2020, giliran Nino menunjukkan flavournya melalui single Si Lemah.

Rayi, Asta, dan Nino tidak hanya bertiga melainkan RAN juga mengajak Baskara Putra/HINDIA untuk ikut andil dalam kolaborasi ini. Karakteristik Hindia dengan tulisan lirik yang tajam, kritis terhadap banyak issue, dan punya taste bermusik yang unik mampu menyatukan apa yang ada di dalam konsep single ini.

Untuk musiknya sendiri, project ini dinahkodai oleh Lale dan Ilman dari  Maliq & D’Essentials yang juga menjadi partner Nino dalam menciptakan banyak lagu hits bersama Laleilmanino.

            “Ini mungkin lagu dengan lirik terdalam yang pernah saya ciptakan. Mencoba lebih kenal dengan musuh terbesar saya dengan berdiam diri sejenak di depan cermin. Dalam momen tersebut saya coba membayangkan apa yang orang- orang pikirkan ketika beradu tatap dengan diri mereka sendiri. Sekuat-kuatnya hati seorang manusia, pasti akan lemah ketika dituntut mengakui kekurangannya,” cerita Nino.

Lagu ini mengisahkan tentang musuh terbesar manusia, yaitu dirinya sendiri. Si Lemah yang seringkali ditutup rapat-rapat, yang sengaja disembunyikan di lapisan terdalam dari kesadaran seseorang, yang tak ingin kita perlihatkan namun seringkali mendominasi banyak keputusan. Si Lemah yang paling dibenci dan bahkan sulit diterima oleh dirinya sendiri. Seseorang yang bersedih karena terluka, lalu berpura-pura bahagia hanya akan membuat dirinya seolah tampak bahagia, tapi di dalam dirinya bisa-bisa semakin hampa. Larut dalam kefanaan, berusaha melawan kenyataan, dan kerap kali yang dilawan adalah perasaan serta kesadarannya sendiri.

Lirik lagu

Si Lemah

[Verse 1: Nino & Hindia]

Hai kau si lemah dalam cermin
Mari beradu mata
Dan mulai bicara
Tentang pijar resah yang menyala
Benarkah ini yang kau ingin
Pura-pura sempurna
Kelabui celah
Demi aman, nyamanmu tersia

[Chorus]

Hai si lemah
Buatlah semesta menerima
Dirimu apa adanya
Relakanlah
Masih banyak senyum di dunia
Yang bisa terima semua indah kurangmu
Bila engkau berbeda
Jangan kau benci dirimu

[Verse 2: Rayi]

Habis daya bangun imaji

Hingga bohongmu tak lagi berbohong lagi

Yang kau tipu dirimu sendiri

[Chorus]

Hai si lemah, buatlah semesta menerima

Dirimu apa adanya

Relakanlah, masih banyak senyum di dunia

Yang bisa terima semua indah kurangmu

Bila engkau berbeda, jangan kau benci dirimu

[Bride: Hindia, Nino & Rayi]

Pagi yang berat

Kasur yang erat

Menahan dirimu bersinar, berguna

Di mata dunia

Tarik nafas yang dalam dan dengarkan ini

Apa pun yang kau idap atau menghantui

Bukan halanganmu untuk kalahkan hari

Kamu berarti, kamu berarti, kamu berarti

Kamu berarti

[Chorus]

Hai si lemah, buatlah semesta menerima

Dirimu apa adanya

Relakanlah, masih banyak senyum di dunia

Yang bisa terima semua indah kurangmu

Bila engkau berbeda

Bila engkau berbeda

Janganlah kau benci dirimu

Si Lemah telah ditampilkan juga ke dalam format visual yang epic pada 21 April 2020 lalu melalui channel youtube RANforyourlife. Berbeda dari kedua single sebelumnya yang menampilkan grading warna yang bervariatif, pada single Si Lemah hanya mengambil konsep warna monokrom. Pemilihan konsep tersebut memang sangat tepat tentang apa yang disampaikan dari music video tersebut.

Dari banyaknya pilihan nama-nama director hebat, Nino sendiri mempercayakan kepada Sakti Marendra untuk menggarap music video Si Lemah. Nino juga menambahkan “Sakti Marendra punya tempat tersendiri di hati gua. Dia bisa bikin gua yang nggak pernah nyaman di depan kamera ini selalu tenang dalam proses pembuatan klip. Gilanya lagi, kemarin dia memutuskan balik lebih cepat dari Jerman untuk mengambil gambar lagu ini”.

Baca Juga: ‘Matikan Aku !’ Mewakili Perjalanan TeralisT yang Menolak Dijatuhkan

Melalui single yang dijuluki juga dengan Project “N” ini, RAN dan HINDIA ingin mengingatkan kita tentang pentingnya berhenti sejenak, berdamai, menghargai dan menerima diri sendiri. Belajar mengurangi berpura-pura, karena sesungguhnya hal tersebut sangat melelahkan. “Karena bagi saya mengakui kelemahan itu sama dengan kuat. Berhenti berpura-pura. Be the best version of you. Terima semua yang tuhan berikan pada kita. bukan menutupinya”, tutup Nino.

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.