Karna Minat Baca di Indonesia yang Rendah, Maka Bazar Buku Big Bad Wolf di Balikpapan Adalah Oase

Bazar Buku Big Bad Wolf di Balikpapan 2019

Karna Minat Baca di Indonesia yang Rendah, Maka Bazar Buku Big Bad Wolf di Balikpapan Adalah Oase

Penulis Rizaldi Dolly | Editor Rizaldi Dolly

Thexandria.com, Balikpapan – Bazar buku dari Big Bad Wolf untuk pertama kalinya hadir di Kalimantan, khususnya di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Big Bad Wolf sebelumnya telah sukses menyelenggarakan event serupa di lima kota besar di Indonesia, yakni, Jakarta, Bandung, Yogya, Medan, serta Surabaya. Dengan bekerja sama dengan bank BCA,

BBW di Balikpapan juga memberikan diskon dari 60 hingga 80% dari tanggal 1 sampai dengan 10 November 2019.

Dalam grand opening (31 Oktober 2019) turut hadir Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Komisi X Ferdiansyah, Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia Uli Silalahi dan Kepala Kantor Wilayah XI, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Mingto Purba.

Dalam sambutanya, Uli Silalahi menjelaskan fakta minat literasi di Indonesia yang berdasarkan riset dari Most Literate Nation In the World, Indonesia menempati peringkat 60 dari 61 negara di dunia terkait minat baca.

Selain itu, Berdasarkan data dari The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2012, indeks membaca dan berliterasi masyarakat Indonesia, hanya 0,001%. Yang juga berarti bahwa dari 1000 orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca.

Atas dasar itulah, Uli Silalahi yang juga dikenal sebagai ‘Ibu Buku Indonesia’ merasa terpanggil guna mengenalkan dan meningkatkan budaya membaca di dalam negeri.

Uli Silalahi menambahkan, bahwa berbagai macam buku turut didatangkan mulai dari buku anak-anak, seni, budaya, bisnis, arsitektur, memasak, fashion, hingga deretan novel karangan penulis terbaik di dunia. Dan seiring dengan perkembangan zaman, BBW juga melakukan inovasi agar anak-anak usia dini lebih tertarik pada buku.

Adapun buku yang dimaksud adalah, buku ajaib. Buku ajaib merupakan terobosan teknologi terbaru yang menggabungkan antara teknologi dan literasi, yakni teknologi Augmented Reality (AR).

Uli Silalahi dan Walikota balikpapan Rizal Effendi
Uli Silalahi dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi

BBW sendiri, dalam perjalananya telah mengadakan event di 30 kota di dunia dan 15 negara.

Khusus di Asia, BBW telah hadir di Indonesia, Manila, Thailand, Vietnam, dan Myanmar. Dari total 7 kota di indonesia pengunjung mencapai sekitar 2 juta orang.

Sementara BBW Indonesia di jakarta, berhasil mendatangkan sekitar 1,025 juta pengunjung, terbesar di dunia. Pencapaian tersebut menyiratkan makna, bahwa masih ada harapan besar bagi dunia literasi di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah XI BCA Balikpapan, Mingto Purba, menyatakan dukunganya terhadap dunia literasi, khususnya generasi muda, “Kami (BCA) berharap masyarakat, khususnya generasi millenial Balikpapan, dapat memperluas cakrawala pengetahuannya melalui gelaran Bazar Buku Big Bad Wolf.”

Dalam realisasinya, BCA menawarkan beragam promo istimewa, seperti voucher cashback hingga Rp500.000 untuk pembayaran dengan Kartu Kredit BCA dan Kartu Debit BCA dengan chip, diskon 50% untuk pembelian voucher BBW menggunakan Reward BCA, Paket Harga Khusus Nasabah BCA, beli 3 gratis 1 buku ajaib Augmented Reality dengan Kartu Kredit BCA.

Yang menarik adalah, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi menyentil fenomena generasi muda yang kecanduan dengan gadget, ia mengingatkan agar tidak terlalu bergantung kepada gadget dan mulai membaca buku. Ia juga memberikan saran unik guna mengimplementasikan penghargaan kepada literasi dan juga aspek lingkungan hidup, ia berujar “Bila nanti akan menikah, Maskawin pernikahan dapat berupa pohon/buku.”

Selain itu, di depan Anggota DPR RI Komisi X Ferdiansyah, Rizal juga menyinggung soal kualitas SDM Balikpapan, yang sehubungan dengan dipilihnya Kaltim sebagai Ibukota baru Indonesia, agar diperhatikan dan jangan sampai hanya menjadi penonton di rumahnya sendiri.

Baca Juga: Mencari Sebuah Ide Tulisan

Hal tersebut lantas di mengerti oleh Ferdiansyah, “Kami di DPR RI, mendukung penuh segala upaya guna meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Maka dari itu, event seperti Bazar Buku BBW harus berjalan masif di seluruh Indonesia.”

Hal yang belum banyak disadari betul oleh masyarakat Indonesia adalah, rendahnya minat minat baca seseorang, akan berdampak pada tingkat intelektualitasnya.

Berpegangan pada adagium yang menyebutkan bahwa, ‘buku adalah jendela dunia’, tak pelak aspek literasi telah ter-integrasi dalam sendi kehidupan manusia.

Bahkan di dalam dogma Islam, disebutkan jika perintah pertama yang turun kepada Muhammad lewat Jibril, adalah, ‘Iqro’, yang berarti, BACALAH!

Sumber Foto: Zain Sinjay

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.