“Astrologi” Single Terbaru Petra Sihombing dan Keberhasilannya ‘Memotret’ Keresahan Kita Semua

Astrologi Single Terbaru Petra Sihombing

“Astrologi” Single Terbaru Petra Sihombing dan Keberhasilannya ‘Memotret’ Keresahan Kita Semua

Penulis Rizaldi Dolly | Editor Rizaldi Dolly

Petra Sihombing; lahir pada tanggal 10 April 1992. Seorang penyanyi – pencipta lagu, dan multi-instrumentalist.

Petra Sihombing kini dikenal sebagai produser muda yang aktif untuk rekan sesama musisi lainnya seperti Tulus, Hindia, Sivia Azizah, Kunto Aji, Ben Sihombing, Coldiac dan Diastika.

Di sela kesibukannya sebagai produser musik, Petra terus menciptakan karya untuk solo karirnya, album bertajuk “1/4” yang dirilis pada 2018 dengan lagu yang menjadi andalan yakni “Nirmala”, “1992”, “Bad Lover” dan “Take It or Leave It” yang berkolaborasi dengan Incognito.

Di 2019 lalu, tepatnya pada tanggal 24 Juli, Petra Sihombing telah merilis single terbarunya yaitu “Cerita Kita Milik Semua” dan juga single keduanya pada tanggal 23 Oktober 2019.

Kini Petra sedang dalam proses produksi album nya yang segera akan dirilis di 2020. Semua lagu yang akan hadir di album terbaru Petra akan dirilis secara berkala di setiap bulannya pada tanggal 23. Lagu “Canggih dipilih menjadi lagu pertama yang rilis di tahun 2020”.

Masih dalam rangka rilisan “Semenjak Internet” di bulan Februari 2020 ini, Petra Sihombing kembali merilis single ke-4 yang bertajuk “Astrologi”. Lirik lagu ini ditulis bersama dengan Sheryl Sheinafia. “Astrologi” tercipta berdasarkan obrolan ringan antara Petra dan Sheryl, bagaimana mercury retrograde dan rasi bintang yang hakikatnya mempengaruhi karakter manusia di dalam berkegiatan sehari-hari.

Dari lirik yang dibangun oleh Petra dan Sheryl, menunjukkan pesan bahwa, kita, sebagai manusia dalam mengambil keputusan untuk tetap percaya apa kata hati kita, karena yang sebenar-benarnya tau apa yang terbaik adalah diri kita sendiri.

Ramalan zodiak, mercury retrograde selayaknya hanya dijadikan referensi untuk keseharian kita. “Gue awalnya nggak percaya Astrologi. Tapi kadang kalo tahu ada baiknya kok, jangan ditelen sebiji-bijinya aja.“ ujar Petra.

“Astrologi adalah tema yang sudah aku idamkan sejak lama untuk dikaryakan menjadi sebuah lagu karena kekuatannya untuk mempengaruhi seseorang; namun ketika menciptakannya, aku dan petra memiliki pemahaman yang selaras akan efek placebo dalam konsepnya. Jika kita sudah bertanya dan tidak mendapatkan jawabnya, kita harus ingat untuk percaya bahwa semesta dan alam pasti bekerja untuk menemukan diri dalam diri.” Kata Sheryl Shenifa.

Aransemen musik “Astrologi” dibuat oleh Petra Sihombing sendiri, terdengar suasana musik yang lebih tenang, diharapkan lagu ini dapat mendampingi para pendengar Petra merenung untuk mengenal diri mereka lebih dalam.

‘Teman Bercerita yang Netral’

Tema yang ‘dipotret’ oleh Petra, sebenarnya adalah isu populer nan kontemporer yang mengandung banyak perdebatan.

Petra berhasil menyuarakan keresahan kita semua, terkait zodiak, yang buat beberapa orang, masih sebatas lelucon. “Astrologi” sedikit banyak menyadarkan kita, bahwa tak ada yang salah bila mempercayai hubungan rasi bintang dengan karakter kita.

Besides, Petra Sihombing melalui “Astrologi”-nya juga tak semerta mentasbihkan horoskop sebagai acuan tunggal bagi kita, alih-alih ‘menggurui’, “Astrologi” malah seakan menjadi ‘teman bercerita yang netral’.

Yang pada intinya, “Astrologi” menyuguhkan kekuatan sejati dari manusia yang sesungguhnya, yaitu, hati kita sendiri!

Zodiak hanya menjadi semacam kenyataan astronomi yang suka atau tidak suka, telah ada dan dipelajari sejak ribuan tahun yang lalu.

Dari segi aransemen musik pun, Petra seperti menghadirkan pengalaman yang cukup unik bagi pendengarnya. Kita seperti dibawa pada nuansa yang tenang, tapi juga ‘dipaksa’ merenungi ke-misteriusan semesta.

Menurut kami, “Astrologi”, jazzy abis!

Oh, satu lagi. Kami juga menyoroti perubahan-perubahan yang terjadi pada Petra, baik dari segi image maupun musik.

Kita gak menampik bahwa Petra Sihombing mulai dikenal luas oleh masyarakat lewat industri musik Indonesia kala itu. Lewat sebuah major label, Petra dulu adalah seorang solois pop yang bikin cewek-cewek pada melting. Sweet boy, gitu lah…

Makin kesini, hanya ada satu kata yang bisa memanifestasikan perubahan-perubahan yang terjadi pada Petra Sihombing as a singer. Audacity!

Bagi kami, Petra adalah simbol ‘kelancangan’ yang gawat!

Gimana enggak, setelah sempat hiatus dari industri musik, Petra kala itu muncul sebagai musisi independen, look baru yang lebih asik, dan single dengan judul yang bikin kita penasaran sekaligus tergelitik, “Biji”!

Bravo, Petra! Eh by the way, horoskop temen-temen apa?

Podcast Petra Sihombing & Sheryl Sheinafia tentang “Astrologi”


Baca Juga: ‘Matikan Aku !’ Mewakili Perjalanan TeralisT yang Menolak Dijatuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.