Aksi Sosial di Balik Rilisnya ‘Panggilan Jiwa’ Chiki Fawzi Bersama Vira Talisa dan Meda Kawu

Chiki Fawzi Panggilan Jiwa

Aksi Sosial di Balik Rilisnya ‘Panggilan Jiwa’ Chiki Fawzi Bersama Vira Talisa dan Meda Kawu

Penulis Suci Jayanti Tadjri | Editor Dyas BP

Chiki Fawzi, anak dari aktris senior Marissa Haque dan musisi kenamaan Indonesia, Ikang Fawzi—kembali merilis lagu terbarunya yang berjudul Panggilan Jiwa. Lagu ini diciptakan oleh Ikang Fawzi dan pernah dipopulerkan oleh Chandra Darusman di tahun 1981.

Panggilan Jiwa versi Chiki dengan nuansa city pop 80-an yang masih kental ini diproduseri dan diaransemen ulang oleh Raditya Joko Bramantyo; seorang musisi multitalenta dan produser muda berbakat yang juga merupakan bassist dari Vira Talisa. Selain itu, Chiki pun mengajak dua orang sahabat Chiki yaitu Vira Talisa dan Meda Kawu untuk ikut menyumbangkan suara emas mereka.

Lagu Panggilan Jiwa ini menceritakan tentang keberagaman manusia, seperti; suku yang beragam, latar belakang ekonomi, agama, pendidikan, pilihan politik, gender hingga selera musik. Mengalun indah sehingga mengantarkan kita agar fokus mencari keselarasan di dalam perbedaan-perbedaan tersebut, bukan malah mencari kerusuhan dalam perbedaan.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima tim thexandriadotcom, video klip Panggilan Jiwa sendiri telah rampung dan dirilis di kanal YouTube Chiki Fawzi pada tanggal 6 April 2020 lalu. Diproduseri oleh Chiki sendiri dan disutradarai oleh Yogie Gandanaya dengan konsep yang sederhana—menggambarkan proses rekaman lagu di lokasi studio dan menggabungkannya dengan footage berita-berita perihal situasi Indonesia yang meresahkan akibat pemilihan presiden lalu.

Lirik lagu ‘Panggilan Jiwa’

[Verse]

Kutemukan diriku

Dalam kehidupan kini yang membingungkan

Sekilas wajah-wajah tampak mengeras

S’juta kata tercerai berai

Semua menderai

[Pre-chorus]

Keluh kesah ini tercurah dari sudut yang menyedihkan

Duka nestapa terpaut seiring tumbuhnya kasih

[Bridge]

Sentuh susah mula kalbu

Menyusuri panggilan jiwaku

Kedamaian takkan tercipta tanpa adanya

Keselarasan

[Chorus]

Rentangkan ulurkan tanganmu sedini mungkin

Menyibak segenap perbedaan yang terjadi dalam kehidupan

Panggilan jiwa meronta

Menerawang di alam mahardika

Menyusuri rasa damai bersama

Damai sentosa

“Kalau kata Kak @medakawu, rasanya pingin nyanyiin lagu ini sambil ngulurin tangan, ngegandeng kalian yang sakit, yang kerjaan-kerjaannya tertunda, yang kena lockdown, yang job di-cancel, yang kerjaan jadi enggak lancar, yang pendapatan menurun, dan lain-lain, sambil ngomong ‘hang in there everybody, this too shall pass’,” tulis Chiki Fawzi, 14 Maret 2020.

Aksi Sosial Kampanye Donasi Panggilan Jiwa

7 tahun aktif sebagai pegiat sosial dan bencana membuat dara kelahiran 28 Januari 1989 ini cukup sering dikenal dengan berbagai aksi sosialnya. Bantuan yang ia tawarkan mulai dari memasak, distribusi pakaian, hingga menghibur anak-anak korban bencana.

“Dan ketika aku nggak bisa, aku bisa memberikan bantuan lain lewat medium lain seperti donasi yang kupikir sudah mudah dan mobile banget, ya, sekarang ini,” kata Chiki.

Baca Juga: Murphy Radio Berfilantropi Lewat Double Single – “Autumn” dan “Sandy”

Dikutip dari antaranews, Chiki Fawzi mengatakan bahwa saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu sesama tanpa harus hadir secara fisik di lokasi. Dengan terbatasnya pertemuan dan diharuskannya melakukan social distancing seperti sekarang ini, maka dengan rilisnya lagu Panggilan Jiwa; Chiki Fawzi, Vira Talisa dan Meda Kawu berinisiatif untuk melakukan kampanye donasi Panggilan Jiwa di tengah pandemi Covid-19, bekerjasama dengan Kitabisa dan Dompet Dhuafa.

Donasi bisa dilakukan melalui tautan di bawah ini:

HTTPS://KITABISA.COM/CAMPAIGN/BARENGANBERIBANTUAN

Hasil donasi nantinya akan dikonversikan menjadi APD (Alat Pelindung Diri) dan sembako untuk tenaga medis dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 seperti tukang ojek, supir angkutan, pedagang kaki lima dan lain-lain yang tidak mempunyai privilege untuk bekerja dari rumah.

Chiki Fawzi, Vira Talisa, dan Meda Kawu berharap dengan “mengudaranya” kembali lagu Panggilan Jiwa ini agar kita lebih membuka mata atas perbedaan yang ada dan lebih fokus mencari keselarasan dan keindahan di dalam perbedaan tersebut ketimbang perbedaan yang menimbulkan perpecahan.

Semoga kita semua juga terpanggil jiwanya untuk saling bahu membahu membantu sesama melawan pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air di tengah keterbatasan yang ada.

“Pelangi nggak akan indah kalau hanya 1 warna saja.” – Chiki Fawzi

Stay safe, stay healthy. Salam Musik Indonesia!

Video Klip Panggilan Jiwa

Share Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published.